Bupati Subang Tampung Aspirasi TKBM Pelabuhan Patimban

Reporterjabar.com - Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan para camat dan kepala desa yang wilayahnya terkena dampak langsung pembangunan pelabuhan Patimban terkait pembahasan tentang tenaga kerja bongkar muat pelabuhan di Rumah Dinas Bupati, Selasa (16/02/2021).

Audiensi tersebut membahas tentang berbagai permasalahan dan usulan dari para camat dan kades terkait pembentukan dan mekanisme tenaga kerja bongkar muat pelabuhan patimban yang tentunya harus bisa mengakomodir kepentingan warga setempat serta masyarakat subang. Audiensi ini pun merupakan upaya demokratis untuk menampung berbagai aspirasi agar memberikan kontribusi positif dan keadilan bagi masyarakat Subang.

Dalam kesempatan tersebut sejumlah camat mengutarakan berbagai usulannya diantaranya camat pusakajaya mengatakan agar ada pembenahan insfrastruktur dan akses langsung menuju pelabuhan Patimban serta pelatihan untuk peningkatan keahlian masyarakat. selain itu camat pusakanagara menambahkan agar hadirnya patimban harus bisa mengakomodir warga subang untuk bekerja di area pelabuhan tersebut.

Selain camat sejumlah kepala desa turut menyampaikan aspirasinya dalam pertemuan tersebut diantaranya terkait tuntutan ganti rugi tanah retak yang belum terselesaikan dan partisipasi masyarakat setempat yang kurang terakomodasi akibat terjadi minimnya akses dan kesempatan yang diberikan pihak perusahaan atau kontraktor.

Kang Jimat sapaan akrab bupati Subang mengungkapkan bahwa sudah ada 5 TKBM yang sudah diajukan "pada prinsipnya belum ada yang direkomendasikan, akan saya pelajari dulu" ujar kang jimat. 

Kang jimat berharap pembangunan pelabuhan patimban harus memberikan dampak positif terutama bagi 4 kecamatan yang masuk wilayah pelabuhan yaitu kecamatan pusakanagara, pamanukan, pusakajaya dan legonkulon. " kita jangan hanya dijadikan penonton, saya tidak mau dan jangan sampai terjadi" tegas kang jimat. Terkait usulan koperasi TKBM yang saat ini berjalan kang jimat akan berupaya mengkaji dan mengakomodir usulan tersebut bersama dengan dinas terkait sehingga dalam pembentukannya kelak dapat mewujudkan rasa keadilan dan berdampak positif bagi warga setempat serta bagi seluruh masyarakat Subang.

Hadir pula dalam pertemuan tersebut mendampingi kang Jimat, pj. Sekda, asda II, kadisnaker dan kepala DKUPP Kabupaten Subang.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers