Briefing Bupati Subang bersama Unsur Forkopimda bersama Gubernur Jabar Terkait Banjir Pamanukan


Seusai tinjauan Gubernur Jawa Barat dan Pangdam III Siliwangi ke Lokasi Banjir Pamanukan, Bupati Subang H. Ruhimat beserta unsur Forkopimda Kabupaten Subang langsung mengadakan briefing lapagan terkait penanganan banjir di Aula Kecamatan Pamanukan, Selasa (09/02/2021)

Briefing tersebut dilakukan terkait tindak lanjut penanganan banjir di pamanukan salah satunya tentang penyediaan lahan untuk tempat pengungsian dimana tempat yang saat ini digunakan sebagai penampungan pengungsi dirasakan sudah kurang memadai baik secara kualitas maupun daya tampungnya. " Kalau untuk masalah tempat pengungsian akan kami carikan solusi pemindahan tempat pengungsian ke tempat yang lebih baik bila perlu menggunakan sebuah lahan baru untuk fasilitas pengungsi." ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut pula dibahas tentang penanganan kesehatan bagi korban banjir ditengah pandemi covid 19 yang masih melanda, maka salah satu upaya prioritas yang dilakukan adalah dengan langsung membagikan masker bagi para korban di area terdampak bencana maupun tempat-tempat pengungsian.

Adapun briefing tersebut dihadiri oleh Kapolres , Dandim, Danlanud serta dinas terkait dalam penanganan banjir.

Berkaitan dengan tinjauan Kang Emil sapaan akrab gubernur Jawa Barat dan pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto ke lokasi banjir Pamanukan Kang Jimat mengatakan akan melakukan pembuatan tanggul di sepanjang aliran kali Cipunagara yg diperkirakan menjadi penyebab banjir saat volume air meningkat karena hujan. "Sangat perlu sekali untuk pencegahan banjir karena melihat fenomena alam yang terjadi hujan terus menerus dan volume air yang terus meningkat". tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam Siliwangi memberikan bantuan berupa dapur umum di lokasi bencana dan pengungsian sebagai upaya agar kebutuhan pangan untuk para korban banjir dapat terpenuhi. Di sisi lain Kang Emil berharap dengan pembangunan Bendungan Sadawarna yang sudah rampung 50% Cipunagara bisa untuk meminimalisir pencegahan banjir.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers