Wujudkan Mimpi Warga Terpencil, Kodam III/Siliwangi Bangun Jembatan Gantung



Reporterjabar.com - Garut, Wujudkan mimpi warga masyarakat dua desa, Kodam III/Siliwangi telah membangun kembali “Jembatan Gantung” yang menghubungkan Desa Depok dan Desa Paas Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Semula Jembatan Gantung yang membentang di atas Sungai Cikaso yang ambruk akibat terjangan banjir pada Oktober 2020 lalu. Harapan dan keinginan warga masyarakat pun pupus, kini harapan tersebut direalisasikan dan telah diresmikan oleh Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

Pangdam III/Siliwangi mengatakan, Jembatan Gantung yang diberi nama 'Jembatan Gantung Simpay Asih' keberadaannya sangat penting dan strategis bagi warga masyarakat sekitar, bukan hanya sebatas sebagai sarana akses penghubung antara wilayah saja.

“Jembatan ini, sangat berpengaruh besar terhadap aktivitas sosial ekonomi masyarakat dan juga stabilitas pertahanan wilayah, khususnya warga masyarakat yang berada di Desa Depok dan Desa Paas Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut serta warga di sekitarnya yang memanfaatkan keberadaan Jembatan Gantung,” katanya, Sabtu, 9/01/2021.

Ia melanjutkan, dengan berfungsinya kembali Jembatan Gantung ini diharapkan mampu memberikan inspirasi serta motivasi kepada warga masyarakat untuk meraih kehidupan dan kesejahteraan yang lebih baik, sekaligus bisa menjadi model bentuk kepedulian sosial yang solutif dalam membantu menyelesaikan kesulitan warga masyarakat di daerah terpencil.

Pangdam juga menyampaikan kemampuan pemerintah yang masih terbatas dan belum bisa menjangkau ke seluruh pelosok wilayah, sehingga keterlibatan masyarakat melalui program kepedulian, baik yang bersifat fisik maupun non fisik sangat dibutuhkan.

“Untuk itu, saya sangat memberikan apresiasi kepada Yayasan Budha Tzu Chi yang memiliki komitmen untuk membantu warga masyarakat dengan berbagai program dan aksi kepeduliannya yang satu diantaranya adalah membangun Jembatan Gantung Simpay Asih di Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut," imbuhnya.

Selain kepada Yayasan Budha Tzu Chi, Pangdam juga menyampaikan terimakasihnya kepada Satgas Kodim 0611/Garut dan Vertical Rescue Indonesia serta kepada semua pihak yang telah berinisiatif dan bekerja sama dalam membangun Jembatan Gantung Simpay Asih, hingga mulai hari ini bisa digunakan.

“Kepada warga masyarakat, terutama warga Desa Depok dan Desa Paas Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut, saya titipkan Jembatan Gantung Simpay Asih ini, untuk dimanfaatkan sebaik mungkin serta juga dirawat dan dipelihara agar tetap kokoh berdiri dan berfungsi sebagaimana mestinya,” pungkas Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.(Frans)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers