Vaksinasi di Subang Direncanakan 22 Januari 2021

Reporterjabar.com - Usai dilakukan vaksinasi pertama yang diberikan kepada Presiden RI, Jokowi bersama jajaran pejabat lain dan tokoh serta selebritis. Kemudian akan disusul pemberian vaksin di daerah di provinsi maupun kabupaten/kota. Termasuk Kabupaten Subang juga akan menerima. Dikatakan Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Subang, dr. Maxi Kabupaten Subang rencana launching tanggal 22 Januari yang akan diberikan kepada jajaran Forkopimda serta tokoh yang mewakili organisasi. "Itu kami rencanakan tanggal 22 (Januari) di Rumah Sakit Ciereng (RSUD)," ujarnya kepada Reporterjabar.com.

Kemudian penyuntikan massal dilakukan pada tanggal 24 Januari. Hal tersebut kata dr. Maxi telah dipersiapkan. "Tinggal kita menunggu vaksin. Katanya menurut informasi sudah di bio Farma. Distribusinya akan dikawal dari Biofarma ke (kantor) Dinas Kesehatan untuk kemudian sampai distribusi ke puskesmas-puskesmas yang dikawal oleh Polsek-Polsek," tuturnya menjelaskan.

Mengenai waktu kedatangan vaksin, kata dr. Maxi belum ada sinyalemen pengirimannya kapan.
Orang yang pernah terkena covid-19. Berarti dia sudah ada anti body. "Sedangkan vaksin 'kan untuk merangsang antibodi. Sedangkan dia sudah ada (antibodinya)" ujarnya.
Kemudian pasien dengan hipertensi berat. Lalu pasien dengan riwayat stroke. Lalu pasien dengan kencing manis yang tidak terkontrol. 
Pasien dengan penurunan fungsi kekebalan seperti penderita HIV/AIDS. Ibu hamil, riwayat jantung koroner, termasuk usia dibawah 18 dan diatas 59 tahun.
"Nanti sebelum divaksin dilakukan skrining terlebih dahulu. Kalau diketahui ada riwayat seperti tadi ya gak bisa (lanjut vaksin)," pungkasnya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers