TNI-POLRI di Cirebon Gotong Royong Bersihkan Dampak Puting Beliung di Desa Slangit



Reporterjabar.com - Cirebon, Ratusan petugas Polresta Cirebon, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, dan warga bergotong royong membersihkan dampak puting beliung di Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon. Mereka tampak memunguti reruntuhan material bangunan dan dahan pohon yang berserakan. Mengingat puting beliung yang terjadi pada Sabtu (2/1/2021) lalu, mengakibatkan banyak pohon tumbang dan rusaknya 315 rumah warga. ,Material-material tersebut dikumpulkan di beberapa titik kemudian diangkut menggunakan kendaraan dinas Polsek jajaran Polresta Cirebon dan truk pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi mengatakan, dalam gotong royong kali ini 300 personel Polresta Cirebon dan Polsek jajaran zona barat dikerahkan. Para petugas juga dibagi dalam beberapa tim dan disebar ke seluruh wilayah Desa Slangit.

"Puting beliung beberapa hari lalu menyisakan puing dan sampah berserakan, sehingga harus dibersihkan agar suasananya kembali seperti semula," katanya, Kamis, 7/01/2021.

Ia melanjutkan, kegiatan itu bertujuan untuk membantu masyarakat Desa Slangit yang terdampak puting beliung. Pasalnya, hingga hari kelima pasca terjadinya puting beliung di Desa Slangit masih banyak material bangunan, pepohonan, dan sampah yang berserakan.

Namun, secara umum sejumlah rumah yang mengalami kerusakan telah diperbaiki. Selain itu, gotong royong juga diharapkan dapat memulihkan sektor ekonomi dan aktivitas warga Desa kembali normal.

"Kami membantu masyarakat membersihkan reruntuhan bangunan dan pohon akibat puting beliung. Tapi, dari awal personel kami telah diterjunkan di Desa Slangit ini bersama TNI, BPBD, dan lainnya," ujarnya.

Pihaknya telah menginstruksikan jajarannya segera membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, baik dalam memperbaiki rumah yang mengalami kerusakan maupun membersihkan material bangunan dan sampah.(Frans)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers