Tanah di Subang banyak dikuasai Warga Luar Subang

Reporterjabar.com - Lahan tanah di Kabupaten Subang di ketahui banyak dimiliki oleh orang luar Subang Hal ini diungkapkan Kepala BPN Kabupaten Subang Joko Susanto usai menghadiri penyerahan sertipikat tanah oleh Presiden Jokowi secara virtual kepada warga Subang. "Mungkin karena Subang menjadi incaran investor, banyak (pemilik tanah di Subang) diantaranya dimiliki orang luar Subang," ujarnya kepada awak media didampingi Bupati Subang, H. Ruhimat (Kang Jimat), Selasa (5/1/2021).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada kesempatan tersebut  menyerahkan 584.407 sertifikat tanah kepada rakyat di 26 Provinsi dan 273 kabupaten/kota yang dilaksanakan secara virtual. Sedangkan untuk Subang kata Joko diserahkan sertipikat sebanyak 30.800 bidang di 20 d├ęsa. 

Jokowi dalam sambutannya menyampaikan penyerahan sertifikat tanah merupakan komitmen pemerintah untuk terus mempercepat penyertifikatan tanah di seluruh Tanah Air. Kata Jokowi target penyertifikatan tanah tahun 2020 sebanyak 11 juta, namun karena adanya pandemi, hanya dapat terealisasi sebanyak 6,8 juta. angka 6,8 juta tersebut sudah sangat besar dibandingkan dengan masa lampau, di mana dalam setahun hanya mampu memberikan sertifikat tanah sebanyak 500 ribu.

Presiden mengatakan target yang diberikannya memang selalu tinggi agar semua rakyat dapat segera memegang sertifikat tanah. Kepala Negara menegaskan sertifikat tanah merupakan kepastian hukum, dan hak atas tanah yang dimiliki, sehingga dia mengingatkan jajarannya agar tidak lagi bekerja seperti masa lalu. Presiden berharap sertifikat tanah menjadi bukti hak atas kepemilikan tanah, dapat menyelesaikan konflik atau sengketa tanah yang masih terjadi. Jokowi meminta para penerima sertifikat tanah dapat menyimpan dengan baik sertifikat tanah tersebut. 

Hadir dalam penyerahan Asisten Daerah (Asda) 1 Setda Kabupaten Subang, Kabag Pemerintahan, dan Kabag SDA Setda Kabupaten Subang
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar