Rumah Warga di Majalengka Terancam Ambruk Akibat Abrasi Sungai di Cikadongdong



Reporterjabar.com - Majalengka, Abrasi sungai terjadi di sisi Sungai Cikadongdong, Desa Panjalin Lor Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Abrasi tersebut terjadi akibat aliran deras  Sungai Cikadongdong yang meluap sehingga meruntuhkan tanah di sisi sungai. Saat ini lahan sepanjang 20 meter sudah runtuh akibat abrasi tersebut.

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto mengatakan, abrasi tersebut juga menyebabkan sedikitnya dua rumah terancam ambruk ke sungai.

"Saat ini akibat abrasi tersebut, bibir Sungai Cikadongdong di lokasi tersebut yang jatuh ke sungai menimbulkan cerukan tanah di pinggir sungai," katanya, Senin, 4/01/2021.

Menurutnya, abrasi itu juga  menyebabkan tanah yang menjadi pekarangan dua rumah warga di sisi sungai runtuh sehingga membuat dua rumah warga tersebut terancam ambruk.

"Saat ini jarak rumah warga dengan bibir sungai tersebut hanya sekitar satu meter dan ini sangat membahayakan. Oleh karena itu, kami imbau untuk tetap waspada dan hati-hati mengingat intensitas hujan masih tinggi," imbuhnya.

Ia menambahkan, bahwa untuk saat ini, pihaknya melaksanakan kerja bakti bersama unsur aparat setempat dan warga sekitar dengan terlebih dahulu dibuatkan pengerucutan bambu untuk menahan longsoran tanah dan penahan banjir sementara.

"Kami berharap kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Majalengka agar tetap mewaspadai segala bentuk bencana alam pada musim penghujan tahun ini," pungkasnya.(Frans)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers