Polres Cirebon Kota Antisipasi Banjir dengan Kerahkan Polsek Pantau Debit Air Sungai



Reporterjabar.com - Cirebon, Curah hujan yang masih saja turun dan menyelimuti wilayah Kota Cirebon. Membuat Kapolres Cirebon Kota turun langsung  ke beberapa Polsek yang memiliki aliran sungai dan bersama-ama dengan Kapolsek jajaran agar memerintahkan anggotanya untuk senantiasa melaksanakan pengecekan sungai sebagai Antisipasi Bencana Alam Banjir yang ada di wilayahnya dan melaporkan secara berkala. 

Kapolres Cirebon Kota AKBP Imron Ermawan mengatakan, pengecekan debit air sungai ini guna antisipasi bencana alam berupa banjir di masa musim penghujan awal tahun 2021. Selain itu juga guna meningkatkan kewaspadaan anggota polsek jajaran.

"Kami bersinergi dengan Polsek-polsek yang wilayahnya terdapat aliran sungai untuk melakukan monitoring tinggi permukaan dan debit air, agar dampak bencana banjir dapat diminimalisir," katanya, Sabtu, 30/01/2021.

Menurutnya,  banjir datangnya tidak bisa diprediksi tetapi bisa diantisipasi jika rajin memantau aliran sungai yang ada di wilayah masing-masing. "Banyak juga faktor penyebab banjir yang melanda pemukiman penduduk. Diantaranya Intensitas curah hujan yang tinggi, Debit air sungai yang meluap (over kapasitas) akibat aliran sungai yang tersumbat tumpukan sampah dan pendangkalan," ujarnya.

Selain itu banjir juga bisa disebabkan oleh air rob dari laut yang meluap kedaratan hingga ke pemukiman penduduk karena tingginya debit air yang masuk ke kawasan Laut Cirebon dan Drainase atau selokan di pemukiman penduduk yang tersumbat. 

"Letak geografis pemukiman penduduk yang berada di dataran yang lebih rendah dapat memperburuk keadaan ketika banjir datang, selain itu masyarakat diminta untuk tidak membuang sampah ke sungai," pungkasnya.(Frans)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers