Para Dansektor Kontrol Pabrik-pabrik Jangan Buang Limbah Sembarangan Ke Sungai Citarum


Reporterjabar.com - Bandung, "Saya ingin melihat secara dekat masalah Citarum karena Citarum ini bukan hanya pekerjaannya Pemerintah Daerah saja tapi pekerjaannya kita semuanya termasuk masyarakat yang ada disekitar sungai citarum," kata Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Sabtu (23/01/2021), saat berkunjung ke Sektor 7 Satgas Citarum Harum dan langsung didampingi oleh Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi di Taman Sangkuriang Desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung Jawa Barat.

Oleh sebab itu, "Saya selalu mengajak kepada seluruh warga Jawa Barat, khususnya yang berada di sekitar bantaran sungai Citarum mari kita lestarikan, kita jaga kebersihan lingkungan kita sehingga citarum akan menjadi harum dan kembali seperti dahulu kala," imbuhnya.

Menurut Pangdam III/Siliwangi, dahulu sungai Citarum ini adalah urat nadi warga Jawa Barat. 

"Beberapa tahun lalu kita sangat tercengang dengan adanya pemberitaan yang luar biasa dari media massa tentang Citarum menjadi sungai yang terkotor di dunia. Oleh sebab itu, Pemerintah mengeluarkan Perpres No. 15 tahun 2018 untuk mengembalikan Citarum  kembali seperti dulu menjadi urat nadi bagi warga Jabar dan menjadi bersih," tuturnya.

Masih menurut Pangdam, di sepanjang sungai Citarum banyak pabrik-pabrik yang mempunyai limbah, sesuai aturan Pemerintah harus mempunyai Ipal yang baik. "Oleh sebab itu, para Dansektor untuk dikontrol pabrik-pabrik itu sehingga tidak membuang limbahnya sembarangan karena bisa mencemari sungai," ungkapnya.

Usai sambutan-sambutan, Pangdam III/Siliwangi dan rombongan melakukan tabur benih ikan di sungai Citarum  Desa Rancamanyar, patroli susur sungai Citarum dan melaksanakan penanaman pohon di Subsektor Bojongmalaka.(Frans)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers