Majalengka Kembali Dilanda Abrasi, Dandim Imbau Masyarakat Tetap Waspada


Reporterjabar.com - Majalengka, Sebuah balai kampung dan senderan yang ada di pinggir Sungai Cideres di Desa Bantarangsana, Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, sebagian ambruk dan mengalami kerusakan.

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto mengungkapkan, sebagian bangunan balai kampung yang berada di Blok Rajakepok ambruk karena abrasi Sungai Cideres.

"Abrasi tersebut terjadi pada Selasa (6/01/2021) kemarin, sekitar pukul 12.30 WIB. Dan Babinsa langsung melaksanakan pengamanan dan membantu evakuasi barang yang masih bisa terpakai," katanya, Rabu, 6/01/2021.

Meski tak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut, menurut Dandim, kerugian materi diperkirakan mencapai sekitar Rp 193 juta. Namun, karena bangunan tersebut masih bisa dimanfaatkan, warga dibantu Babinsa saat itu juga langsung kerja bakti memperbaiki bangunan tersebut.

Selain itu, Dandim menghimbau kepada warga Kabupaten Majalengka, diminta terus waspada terhadap berbagai bencana alam yang berpotensi terjadi. 

"Kami minta masyarakat waspada terhadap dampak potensi bencana alam. Karena, di Majalengka intensitas hujan masih tinggi," ujarnya.

Dandim mengungkapkan, pihaknya kini terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang berada rawan bencana alam. Seperti, longsor dan banjir.

"Kami mengingatkan semua masyarakat agar mewaspadai adanya bencana banjir dan longsor. Termasuk pohon tumbang maupun petir di musim hujan seperti saat ini," pungkasnya.(Frans)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers