Keunggulan Mangga Varietas Jimat Siliwangi Subang Integrated Farming

Reporterjabar.com - Masih dalam rangkaian kegiatan acara peresmian Kantor Makodim 0605 Subang, Kang Jimat sapaan akrab bupati Subang bersama pangdam siliwangi meninjau berbagai hasil budidaya pertanian dan perikanan di area Subang Urban Farming di Markas Kodim 0605 Subang Jawa Barat, Rabu (27/01/2011).

Dalam kesempatan tersebut didampingi Dandim 0605 Subang Letkol Arh Edi Maryono, Kang Jimat dan Pangdam Siliwangi beserta rombongan berkeliling Subang Urban Farming yang digagas oleh kodim 0605 Subang, berupa lahan produktif yang berisi berbagai budidaya  diantaranya budidaya ikan, buah, bunga, magot, jamur hingga lebah. "Tiap kolam berisi seribu bibit ikan," terang dandim Subang saat memaparkan area budidaya ikan.

Yang menarik perhatian dalam kunjungan tersebut adalah keberadaan pohon varietas mangga Jimat Siliwangi, "Jimat diambil dari kata 'kang jimat', sedangkan 'Siliwangi' dari Kodam III Siliwangi," imbuh Dandim.

Adapun varietas mangga yang dimaksud adalah mangga irwin dan mahatir. Selain untuk dikonsumsi kedua varietas mangga unggulan ini memiliki manfaat kesehatan diantaranya mangga irwin dapat meningkatkan kekebalan tubuh, baik untuk tulang dan pasien diabetes, anemia dan anti kanker.
Sementara mangga mahatir bermanfaat untuk pencernaan, kesehatan hati, mata, kulit, rambut dan mengurangi resiko kanker.

Terkait masa panen hormon perangsang mangga irwin akan bereaksi sekitar kurang dari 3 tahun, jika ditanam dari hasil okulasi atau cangkok akan berbuah setelah berumur 2-4 tahun. Sedangkan untuk mangga mahatir yang termasuk dalam tipe genjah mulai berbuah rata-rata pada usia 3-4 tahun namun jika dirawat dengan baik tanaman bisa produktif lebih cepat sekitar 1-!2 tahun.

Kang Jimat menambahkan bahwa mangga jimat siliwangi ini adalah salah satu komoditi buah yang nanti akan ditanam di area cluster ketahanan pangan di serang panjang yang kini lahan nya sedang dalam proses penggarapan.

Disclaimer Redaksi

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers