Garap Rutilahu dengan Gotong Royong

Reporterjabar.com – Nampak rumah milik Anen Sapriadi (60 tahun) tengah diperbaiki. Beberapa orang terlihat sibuk ada memasang atap rumah dan mengaduk pasir dan semen secara bergotong royong. Menurut Anen rumahnya yang berlokasi di RT. 32 RW 11 Blok Werasari Kecamatan Subang ini mendapat bantuan perbaikan rumah dalam Program Renovasi Rutilahu dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Rumah yang semula semi permanen dibuat permanen dengan berdindingkan batako.

Semangat gotong royong ternyata masih hidup di daerah Werasari ini. Kata Anen banyak tetangganya yang memberikan bantuan tenaga. Karena masih ada semangat berbalas jasa. "Saya dulu pernah bantu nah yang dibantu ini secara spontan datang ikutan kerja. Tapi kan kita juga ikut memberikan 'uang sabun' ketika selesai kerja," jelas Anen, Kamis (7/1/2021).

Dengan gotong royong yang spontan ini, memasuki hari keempat nampak rumah terlihat naik atap. "Sebenarnya mah kalau teu sering hujan ini sudah selesai," katanya.

Anen menambahkan untuk perbaikan rumah mendapat bantuan berupa bahan bangunan yang cukup lengkap yang dikirim langsung. 

Hal ini dibenarkan oleh Sekretaris Kelurahan Dangdeur, Rani Anggraini, S.AN menyebutkan bahwa program rutilahu tersebut salah satu dari 20 program rutilahu yang tengah berjalan di Kelurahan Dangdeur. "Program yang diterima Bapak Anen merupakan program dari provinsi Jawa Barat," ujarnya.

Kemudian dia menambahkan setiap rumah mendapatkan bantuan senilai Rp17,5 juta dalam bentuk bahan bangunan dan satu juta rupiah untuk ongkos tukang. 

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers