Rakeyan Galuh Pakuan Kembali Wakili Indonesia di Ajang Internasional

Reporter Jabar. Com - Rakeyan Nuswajati Karatwan Galuh Pakuan, Bezie Galih Manggala kembali terpilih mewakili Indonesia di sebuah Forum Internasional. Setelah tahun 2018 menjadi Host sekaligus Pembicara Penutup di Acara Regional Business Building Summit yang menghadirkan peserta dan pembicara dari tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Singapura serta mewakili Indonesia pada Ajang Lomba Debat se-Asia Pasifik pada Asia Pacific Conference 2019 Jeju Island, Korea Selatan.

Ditahun 2020 ini Kang Bezie terpilih untuk berbicara dihadapan masyarakat ASEAN pada acara yang bertajuk Regional Connect. Acara ini merupakan sebuah acara yang diselenggarakan secara hibrida pada 12 Desember 2020 mendatang di Singapura secara luring dan aplikasi zoom dan YouTube masing-masing peserta dan pembicara secara daring.
Informasi lengkap terkait dengan acara ini bisa didapatkan di tautan media linktr.ee/regionalconnect.

Local Champions dari 3 Negara di ASEAN, dan, seperti dikutip dari surat undangan yang dikirimkan kepada Kang Bezie. "Bertujuan untuk mempererat persaudaraan antar masyarakat ASEAN," ujarnya.
 
Pada acara ini kata dia diundang sebagai founder dari sakoladesa.id yang merupakan sebuah lembaga swasta untuk pemberdayaan desa yang didirikan di tengah-tengah pandemi seperti ini. "Topik yang akan kami bawakan adalah 'Bagaimana Menjadi Produktif dan Bermanfaat di Tengah-tengah Pandemi,' menceritakan bagaimana ketika banyak elemen masyarakat dan perusahaan serta lembaga-lembaga 'down' karena resesi dan Pandemi, sakoladesa.id justru bangkit mendukung banyak kegiatan Desa Digital khususnya di berbagai Penjuru Indonesia," tutur Bezie saat ditemui di Saung Pangaweruh Karatwan Galuh Pakuan, Jum'at (4/12/2020).
 
sakoladesa.id selama pandemi berlangsung, telah aktif melakukan kegiatan pembinaan di desa-desa di Jawa Barat, serta sebelumnya telah bekerjasama dengan Kemenkominfo untuk melakukan pelatihan business plan bagi 50 desa yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada Bulan November-Desember ini, sakoladesa.id juga berdiri di jajaran pendukung suksesnya acara Festival Tari Jaipong Kreasi Galuh Pakuan Cup Seri IV, yang diapresiasi 4 Kementrian Negara Republik Indonesia, serta 1 Kementrian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, karena dianggap merupakan contoh dari kegiatan Desa Digital yang efektif. "Dimana masyarakat Desa diajak untuk secara aktif dan produktif, menggunakan Internet untuk sesuatu yang dapat mengoptimalkan potensi desa, dan menebar manfaat," jelasnya.

Pemaparan ini kata Kang Bezie diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat ASEAN. "Tentang sikap-sikap yang perlu dilakukan, terutama dalam menghadapi pandemi dan resesi ekonomi dunia serta bagaimana melakukan langkah-langkah pemulihan masyarakat Dunia pasca resesi dan Pandemi ini," pungkasnya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers