PT. PELNI dan PT. Subang Sejahtera Teken MoU Pengelolaan Sarana PI Patimban

Reporterjabar.com - Bupati Subang, Haji Ruhimat atau biasa di panggil kang Jiimat menyaksikan penandatanganan MoU antara PT Pelayaran Nasional Indonesia  (PELNI) dengan Direktur Utama PT Subang Sejatera, terkait sinergisitas pengelolaan dan sarana penunjang  Pelabuhan Internasional (PI) Patimban di Cimute Desa Cintamekar, Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang, Kamis (10/12/2020).

Kesepakatan bersama ditandatangani Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelayaran Nasional Indonesia, Insan Purwarisya L. Tobing, dan Direktur Utama PT Subang Sejatera, Agus Setiawan. Ruang lingkup kesepakatan meliputi, Peningkatan sumber daya untuk peningkatan kompetensi; dukungan pengelolaan Pelabuhan dengan adanya Badan Usaha Pelabuhan sebagai operator; dukungan pengelolaan penunjang pelabuhan yaitu bongkar muat, warehouse, trucking, logistik dan perdagangan; dan Pertukaran data dan informasi. kesepakatan berjangka waktu 5 (lima) tahun sampai dengan tanggal 9 Desember 2025. 

Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelayaran Nasional Indonesia menyampaikan, pihaknya berkeinginan untuk membantu BUMD. Pelni  yang memiliki peran penugasan Kapal Tol Laut. Peran yang diberikan kepada PT Pelni didasarkan pada Peraturan Presiden RI Nomor 70 Tahun 2017 dan Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor KM 247 Tahun 2019. Mudah mudahan dengan adanya kerjasama ini dapat membawa dampak langsung ke pada masyarakat. Terkait Konteksnya tidak lari dari yang sudah direncanakan. Pihaknya menginginkan melalui bendera Subang Sejahtera bisa ikut terlibat, yang mana pada waktu dekat, Pelabuhan Patimban akan diresmikan oleh Presiden RI.

Kang Jimat dalam arahannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih keada PT. Pelni yang bersedia untuk bekerjasama dengen BUMD Kabupaten Subang, dengan adanya kerjasama ini Kang Jimat memiliki optimisme BUMD Subang dapat  berkiprah lebih jauh. Terkait adanya potensi yang ada di Kabupaten Subang, Kang Jimat menyerahkan pengelolaan potensi tersebut kepada BUMD.  Kang Jimat mengharapkan kerjasama yang dilaksanakan dapat seiring sejalan dan dapat membimbing BUMD Subang untuk lebih profesional. Dari ruang lingkup kerjasama saja sudah terlihat apa yang akan dilakukan oleh BUMD Subang dan PT. Pelni. Kang Jimat berharap keberadaan Pelabuhan Patimban ini bisa membawa barokah kepada masyarakat Kabupaten Subang, dan bisa menjawab apa yang diinginkan oleh masyarakat.

Sebelumnya diketahui bahwa PT. PELNI masuk ke Pelabuhan Patimban di Subang dirintis oleh Raja Adat Galuh Pakuan, RM. Evi Silviadi.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers