Polresta Cirebon Siap Amankan Natal dan Tahun Baru 2021



Reporterjabar.com  Cirebon, Jajaran Polresta Cirebon siap mengamankan Natal dan Tahun Baru 2021 di wilayah Kabupaten Cirebon. Hal tersebut diungkapkan Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi, usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Lilin Lodaya. Syahduddi menyampaikan, selama masa Natal dan Tahun Baru 2021 diprediksi adanya peningkatan aktivitas masyarakat. Karenanya, pihaknya akan menyiapkan pos pengamanan, pos terpadu, dan pos gatur di sejumlah titik.

Menurutnya, pos pengamanan, pos terpadu, dan pos gatur tersebut akan disebar ke seluruh wilayah hukum Polresta Cirebon. Hal itu bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat Kabupaten Cirebon.

"Totalnya ada 66 pos yang kami siapkan. Lokasinya tersebar di seluruh wilayah hukum Polresta Cirebon," katanya, Jumat, 18/12/2020.

Ia mengatakan, 66 pos itupun terdiri dari satu pos utama, satu pos terpadu, 12 pos pengamanan, dan 25 pos gatur atau pos pantauan. Puluhan pos tersebut disiapkan untuk melayani masyarakat di momen Natal dan Tahun Baru 2021.

Selain itu, sebagai upaya untuk mengantisipasi munculnya gangguan kamtibmas di Kabupaten Cirebon selama periode tersebut. Pihaknya juga melibatkan sejumlah unsur terkait dari mulai TNI, Brimob, Dishub, Satpol PP, dan lainnya dalam pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2020 - 2021.

"Kami juga sudah menyiapkan langkah antisipasi untuk setiap potensi kerawanan, termasuk lonjakan arus kendaraan di jalur tol maupun non tol di wilayah hukum Polresta Cirebon," imbuhnya.

Ia menjelaskan, ratusan personel gabungan akan disebar ke sejumlah titik yang telah ditentukan. Termasuk sarana dan prasarana yang digunakan untuk menunjang pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021.

"Pengamanan saat ibadah Natal akan dipusatkan di gereja-gereja dan rumah ibadah di Kabupaten Cirebon. Jajarannya juga telah menyiapkan ploting personel untuk mengamankan momen tersebut," ujarnya.

Pihaknya juga mengingatkan agar masyarakat tidak menggelar perayaan tahun baru sesuai instruksi Pemkab Cirebon. Mengingat momen Natal dan Tahun Baru 2021 masih dalam masa pandemi Covid-19.

"Larangan untuk merayakan tahun baru di masa pandemi Covid-19 akan diterapkan di seluruh wilayah Kabupaten Cirebon, terutama di tempat-tempat yangg sering dijadikan lokasi perayaan tahun baru," pungkasnya.(Frans)

Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar