Pejabat Subang Shalat Shubuh Berjamaah

Reporterjabar.com - Jajaran pejabat Kabupaten Subang bersama Wakil Bupati Subang, Agus Masykur (Kang Akur) melaksanakan shalat Shubuh berjamaah di Masjid Agung Al Mushabaqah Subang, Jum'at (4/12/2020).

Usai shalat Shubuh kemudian dilanjutkan Tausiyah yang disampaikan KH. Adam Misbahudin Firdaus pimpinan pesantren Al Multazam Kasomalang.
Dalam tausiyahnya KH. Adam menyampaikan tentang kelemahan umat yaitu cinta dunia takut mati yang membuat manusia lemah.

Lalu disampaikan tentang pondasi masyarakat dibangun oleh empat unsur, yaitu ilmu ulama, keadilan pemerintah, kemurahan orang kaya, dan doa kaum fuqoro. Pentingnya ilmu ulama karena banyak yang kurang ilmu. "Ini pentingnya ulama," ujarnya.

Selanjutnya KH. Adam mengingatkan dalam beribadah menggunakan ilmu, amal dan ikhlas. Serta Istiqomah dalam beribadah. Karena dengan istiqomah dalam mengamalkan beribadah untuk kesempurnaan.

Untuk membangun itu semua dia menyatakan peran pemerintah sangat penting. Sebab pemerintah memiliki kekuatan dalam membina akhlak. Salah satunya dengan program yang digagas olah Bupati seperti sekarang.

Kaitannya dengan pandemi yang tengah melanda sekarang, KH. Adam kembali mengingatkan supaya menjadi pelajaran penting memperbaiki diri.

Oleh karena itu menyerukan untuk berdoa hilangnya covid agar gairah ibadah di masjid hidup kembali.
"Barangkali adanya wabah ini sebagai teguran atas kelalaian kita dalam beribadah," katanya.

Tausiyah ditutup dengan doa bersama hadirin.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers