Cegah Abrasi Semakin Parah, Warga dan TNI di Majalengka Gelar Kerja Bakti



Reporterjabar.com - Majalengka, Warga Desa Bongas Kulon, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, gotong royong membuat tanggul darurat dari karung pasir untuk mencegah terjadinya abrasi bibir Sungai Cikamangi yang makin parah. Gotong royong yang dilakukan warga desa setempat bersama Koramil 1711/Sumberjaya yang dilakukan secara sukarela demi menyelamatkan tiga rumah warga yang terancam ambruk akibat abrasi sungai tersebut.

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto mengatakan, aksi gotong royong yang dilakukan warga bersama anggota TNI Koramil Sumberjaya itu mulai dilakukan dengan cara membuat tanggul darurat dengan menggunakan karung pasir.

"Kami mencoba menanganinya secara darurat untuk mencegah abrasi semakin parah," katanya, Rabu, 2/12/2020.

Kendati demikian, Danramil menghimbau kepada warga masyarakat, terutama yang dekat dengan lokasi abrasi sungai tersebut, agar tetap waspada dan hati-hati. Mengingat cuaca masih ekstrim.

Sementara itu, Kepala Desa Bongas Kulon, Jaenudin menjelaskan, bahwa bencana alam abrasi Sungai Cikamangi tersebut, terjadi di RT 05/03, Blok Rabu, Desa Bongas Kulon, Kecamatan, Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, pada Senin (30/11/2020) kemarin.

Abrasi tersebut, kata dia, terjadi akibat aliran deras Sungai Cikamangi yang meluap akibat hujan deras yang terus mengguyur di wilayah tersebut, sehingga meruntuhkan tanah di sisi sungai. Abrasi itu juga menyebabkan sedikitnya tiga rumah terancam ambruk ke sungai.

"Untuk sementara hari ini kita perbaiki seadanya, kami berharap ada bantuan dari pemerintah untuk mengantisipasi persoalan ini, agar abrasi semakin tidak meluas," pungkasnya.(Frans)

Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar