Bupati dan Wabup Tinjau Progres Pembangunan Jalan Darmaga

Reporterjabar.Com - Bupati Subang, Haji Ruhimat atau biasa di panggil Kang Jiimat bersama Wakil Bupati, Agus Masykur Rosyadi (Kang Akur), dan Dandim 0605 Subang, Letkol Arah Edi Maryono meninjau pembangunan dan pelebaran jalan Darmaga menuju desa Cupunagara Kecamatan Cisalak, Kamis (10/12/2020).

Program pembangunan jalan yang dilaksanakan melalui Program Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Kodim 0605 Subang, saat ini sedang dalam proses finishing.  Kang jimat yang hadir bersama Ibu Hj. Yoyoh Ruhimat tampak menikmati view pemandangan gunung di jalan yang berada di tengah perbukitan.

Salah seorang warga, Cupunagara mengatakan sejak puluhan tahun lalu,  warga desa Cupunagara harus melintasi jalan selaian bergelombang dan berbatu dan jarak tempuh sekitar tiga jam untuk menuju pasar Cisalak dengan resiko terjebak lumpur saat musim hujan tiba.

Namun saat ini dengan adanya pembangunan akses jalan melalui yang menghubungkan kedua wilayah itu maka lalu lintas kendaraan motor dan mobil dapat leluasa dan jauh lebih cepat waktu tempuh. 

Dadang yang sempat bersilaturahmi dengan Kang Jimat di lokasi peninjauan sekaligus syukuran pembangunan jalan sepanjang 8,2 KM, menyampaikan "Kami atasanama warga Cupunagara sangat mengapresiasi dan bersyukur terimakasiah kepada pemkab Subang khususnya kepada bapak bupati Pak Haji Ruhimat, bapak Wakil Bupati Pak Agus dan Kodim Subang, sejak puluhan tahun lalu jalan ini tak peranah diperbaiki. Kini dibawah kepemimpinan Jimat - Akur, Alhamdulillah jalan ini selain dilapisi aspal hotmix juga diperlebar. Bagi kami Ini sebuah mimpi yang jadi kenyataan, dan ini adalah salah satu bukti "Jawara Natanya Subang"  

Dadang menyampaikan masyarakat sangat membutuhkan jalan tersebut untuk mengangkut hasil panen petani ke pasar dan aktivitas bekerja antar kecamatan juga mempercepat dan mempermudah mobilisasi masyarakat."Tak hanya itu, perbaikan jalan ini tentunya bisa meningkatkan roda perekonomian warga," ucapnya.

Sebagai ungkapan rasa syukur, Kepada Kang Jimat sapaan akrab Bupati H.Ruhimat, Dadang juga menghadiahi potongan bambu (lodong) berisi air untuk bersama sama dengan Wakil Bupati Subang Agus Masykur dan Dandim 0605/Subang Letkol Arh Edi Maryono menyiramkan air di badan jalan, memiliki makna air adalah sumber kehidupan, begitu pun dengan adanya pembangunan akses jalan tersebut bisa meningkatkan taraf hidup perekonomian warga masyarakat setempat.

"Selama puluhan tahun katanya jalan ini belum pernah diperbaiki, dan kemudian ini terwujud sesuai keinginan warga, terutama warga Cupunagara. Hari ini meski manfaatnya telah dirasakan warga," kata Kang Jimat di lokasi.

Dalam upaya mewujudkan Subang Hijau, Kang Jimat mengajak warga setempat, komunitas dan unsur lainnya untuk menanam pohon di kiri kanan dengan jenis pohon produktif seperti, alpukat, manggis dan tanaman produkti lainnya.

"Selain pohon pohon ini menjadi pelindung juga penyangga, manfaatnya pun tentu untuk kejahteraan masyarakat, apa lagi dikelolanya oleh Bumdes, sudah bisa dipastikan disini ada pemberdayaan masyarakat," katanya. 

Turut hadir dalam acara itu, Ketua TP PKK Subang Hj.Yoyoh Sopiah Ruhimat, Kadis PUPR  Besta Basuki, Camat Cisalak, Eza Zaithon para kepala desa dan tokoh masyarakat .
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar