Uji Coba Ledakan Tunnel #11 Outlet Proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung

ReporterJabar.com -  PT DAHANA (Persero) melaksanakan Trial Blasting (uji coba peledakan) pada proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung.  Triajl blasting dengan menggunakan bahan peledak Dayagel Extra & Dayadet  Long Period (LP) produksi DAHANA ini dilakukan di Tunnel #11 Outlet Desa Cibeber Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi Jawa Barat pada Selasa, 3 November 2020.

Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung merupakan salah satu dari proyek yang dicanangkan oleh pemerintah dalam rangka mempercepat pembangunan. Proyek yang mampu memangkas waktu antara Jakarta-Bandung ini berlanjut kembali setelah beberapa bulan kegiatan blasting sempat terhenti disebabkan adanya faktor teknis terkait kondisi lingkungan.  Tim kemudian kembali melakukan kajian teknis aplikasi peledakan yang lebih detail disesuaikan dengan kondisi lingkungan setempat.  Melalui Trial Blasting diharapkan akan didapatkan aplikasi operasi blasting yang lebih optimal diarea Gunung Bohong tersebut.

DAHANA dipercaya menjadi kontraktor blasting services oleh China Railway Group Limited (CREC) selaku pemegang proyek. Rencananya proyek ini akan dibangun sepanjang sepanjang 142,3 Km yang melintasi 96 Desa, 30 kecamatan, dan 9 Kota Kabupaten sepanjang Jakarta hingga Bandung. DAHANA sendiri sudah terlibat sejak awal pembangunan, tahun lalu perusahaan plat merah ini telah melakukan first blasting membangun terowongan di Desa Laksanamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Pada proyek ini DAHANA memenangkan tender tunneling dan berbagai macam jasa peledakan seperti Transportasi Bahan Peledak (explosives materials transportation), Jasa Layanan Peledakan untuk Terowongan (tunnel blasting services) dan Jasa Layanan Pengelolaan Gudang Handak (magazines management, security, police). Serta Pembangunan Gudang Bahan Peledak (Magazines construction), Pengurusan perizinan terkait bahan peledak (Permits handling), Supply bahan peledak (explosives materials supply).

Acara ini dihadiri oleh Direktur Utama PT DAHANA (Persero) Budi Antono dan Direktur Operasi Bambang Agung.  Menurut Budi Antono, keikutsertaan DAHANA pada proyek pembangunan nasional merupakan suatu kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi DAHANA.

"Kita patut bangga karena DAHANA sudah ikut terlibat secara nyata dalan proyek pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung," ucap Budi Antono di sela-sela acara.

Sebagaimana diketahui, PT Dahana (Persero) memiliki lini bisnis meliputi explosives manufacturing, drilling & blasting, related services, dan defence related yang melayani sektor usaha pertambangan umum, kuari dan konstruksi, minyak dan gas, serta bahan peledak pertahanan. Di sektor konstruksi sendiri, Dahana memberikan layanan untuk peledakan jenis bench blasting, trench blasting, tunnelling, underwater blasting, dan building demolition.

Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar