Temukan 3 Cluster Penyebaran Covid-19

Reporterjabar.com - Selama melakukan penelusuran Covid-19, Satgas menemukan 3 cluster penyebaran covid, yaitu cluster ASN, cluster tenaga kesehatan dan  cluster industri. Dikatakan dr Maxi, Juru Bicara Satgas penanganan Covid-19 kabupaten Subang dalam pemaparan dihadapan Anggota Komite III Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Eni Sumarni, Kamis (12/11/2020).

Ketiga kluster tersebut kata dr. Maxi ialah cluster ASN, Cluster tenaga kesehatan dan cluster industri. 

Pada cluster ASN ditemukan 42 kasus positif. Lalu cluster Tenaga kesehatan di satu puskesmas menemukan 40 tenaga kesehatan terinfeksi sehingga menutup pelayanan kesehatan selama 14 hari. "Dan cluster perusahaan di salah satu pabrik industri fashion menemukan 55 kasus dari (sekitar) 1300 karyawan yang bekerja di tempat tersebut," ujarnya.

Dilaporkan juga upaya penelusuran di lokasi pariwisata selama libur panjang yang baru lalu. Kemudian menerapkan manajemen isolasi mandiri dalam memantau pergerakan pasien.

Selanjutnya disampaikan untuk meningkatkan angka kesembuhan sekaligus menurunkan angka kematian akibat Covid. Kemudian meningkatkan kekuatan kelompok untuk melindungi kelompok yang lain atau herd immunity. Melindungi sistem kesehatan secara menyeluruh dan menjaga produktifitas dengan vaksinasi yang dilakukan pada pasca Covid-19. Dengan sasaran pertama ialah sarana pelayanan kesehatan personil yang ada di sarana kesehatan untuk divaksin. Lalu Kelompok pelayanan publik seperti ASN, TNI, Polri, Dinas perhubungan dan lain-lain. Serta Kemudian kelompok yang menggerakan perekonomian dan kelompok yang menghuni pemukiman padat yang memungkinkan transmisi yang relatif cepat.

Adapun tujuan kedatangan Eni ke Subang adalah mengetahui informasi terkini tentang penanganan Covid-19 serta melihat hasilnya serta tantangan yang dihadapi.

Pada kesempatan itu wakil bupati Agus Maskur yang menerima kedatangan ini mengatakan masih banyak yang harus dikerjakan terutama untuk menurunkan angka kasus serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menghadapi covid-19.

Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar