Pemuda RSS Sidodadi Subang siap Adopsi 7 butir Nilai Adat Budaya

Reporterjabar.com - Pemuda RSS Sidodadi Subang Jawa Barat menyatakan siap mengadopsi 7 butir nilai budaya. Hal tersebut dicetuskan dalam acara Sawala Pamuda. Sawala ini digelar sebagai bagian dari rangkaian acara "Sawala Camp", dimana lebih dari 50 orang Pemuda RSS Sidodadi yang digelar dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda, Selasa (28/10/2020).

"Dari sawala tersebut, dihasilkan 7 butir nilai adat budaya yang akan diadopsi oleh Pemuda RSS, dan dijadikan ciri khas budaya pemuda-pemudi yang tinggal di lingkungan komplek Perumahan tersebut." Tutur Reza Ferdiyansyah, Ketua Karang Taruna sekaligus juga penanggung jawab acara.

Kata dia tubuh nilai adat, yang lalu disebut sebagai Sapta Budaya Pamuda RW 15 tersebut, dipilih para pemuda untuk pelan-pelan dapat membawa golongan Pemuda, menjadi golongan yang mampu berdaya dan penuh dengan karya cipta.

Pada kegiatan tersebut, para pemuda melakukan kegiatan unjuk kabisa, api unggun dan makan bersama dengan menu barbeque dan Jagung Bakar. Baru menjelang tengah malam, para pemuda melakukan sawala atau musyawarah, yang isinya membahas tentang peran pemuda dalam menjadikan lingkungan komplek Perumahan RSS Sidodadi, menjadi lingkungan yg lebih baik lagi.

Sementara itu, Rakeyan Nuswajati Galuh Pakuan, Bezie Galih Manggala, yang merupakan Pembina Karang Taruna dan Sekaligus juga mewakili Yayasan Dr. H. Budi Setiadi, M.Si, yang berkantor di komplek perumahan tersebut, menyampaikan apresiasinya atas inisiatif pemuda pada kegiatan tersebut.
 
"Tengah malam gelap dan dingin, saat pemuda-pemuda lain terlelap di luar sana, pemuda-pemudi RSS Sidodadi memekikkan kembali Sumpah Pemuda, dan meresapi nilai-nilai luhur budaya yang mereka pilih sendiri dan akan mereka jaga. Kami bangga sekali melihatnya, ini membuktikan bahwa Millenial tidak hanya bisa demo, tapi juga bisa memulai suatu kegiatan membangun peradabannya sendiri." Tuturnya, pasca menjadi pemandu di acara Sawala Pemuda yang dilaksanakan pada acara Camping tersebut.
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar