Pangdam III/Siliwangi Hadiri Apel Gelar Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Hidrometeorologi



Reporterjabar.com - Bandung, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nuhroho Budi Wiryanto menghadiri acara apel gelar kesiapsiagaan hadapi bencana Hidrometeorologi di Jalan Diponegoro No. 22  Kota Bandung. Bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang diakibatkan oleh parameter-parameter curah hujan, kelembaban dan angin. Yang termasuk dalam kategori bencana hidrometeorologi diantaranya adalah banjir, tanah longsor, angin puting beliung, badai es. Kalau di Indonesia yang sering terjadi adalah hujan es, badai salju, bencana kekeringan, hujan yang sangat lebat dan lain-lain.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan bahwa, pihaknya mengumpulkan instansi terkait untuk menyatukan semangat, menyatukan tekad dan menyatukan hati untuk menyiapkan dan mengkonsolidasikan semua sumber daya dalam rangka menghadapi potensi meningkatnya kebencanaan alam Provinsi Jabar.

"Kebencanaan alam hidrometeorologi 60 persen seluruh  Indonesia itu adanya di Jabar karena jumlah air sungai, jumlah anak sungai itu juga salah satu yang terbanyak di Indonesia," katanya, Rabu, 4/11/2020.

Setiap tahun kebencanaan di Jabar itu antara 1.000 sampai dengan 2.000 kebencanaan terjadi, kalau dibagi 365 hari dalam setahun maka kebencanaan di Jabar 3 sampai 4 kali dalam sehari.

"Oleh karena itu, semua dari kita melalui seragam kita, melalui jabatan kita itu diberi kewenangan penugasan memitigasi potensi korban kebencanaan, melakukan edukasi-edukasi preventif terhadap kebencanaan dan responsif pada saat terjadinya kebencanaan," imbuhnya.

Ia melanjutkan, berita terbaru dari BMKG adalah kemungkinan datangnya badai yang disebut La Nina yang akan meningkatkan tingginya gelombang laut, meningkatkan potensi gempa di selatan.

"Kalau terjadi, saya menitipkan kepada kepala BPBD, kepada Dandim-Dandim, kepada Kapolres-Kapolres yang berada di Selatan Jabar untuk menyiapkan skenario-skenario bagaimana peringatan dini harus berfungsi kalau terjadi itu adakan sirine tanda-tanda kita harus mengadakan evakuasi," ujarnya.

Usai memberikan sambutannya, Gubernur Jabar didampingi Pangdam III/Siliwangi dan Kapolda Jabar serta para Forkopimda Prov. Jabar meninjau kesiapan personel dan perlengkapan dalam menghadapi terjadinya kebencanaan alam di wilayah Jabar.(Frans)

Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar