Ketua TP PKK Subang Hadiri Giat Kunker Ketua DW Kemenhub RI,

Reporterjabar.com - Ketua TP PKK Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat menghadiri kegiatan kunjungan kerja ketua Dharma Wanita Persatuan Kementerian Perhubungan RI dalam rangka pelatihan dan pemberian keterampilan di halaman kantor Kecamatan Pusakanagara, Senin (23/11/20).

Kegiatan ini mengangkat tema berbasis pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan baru menuju Indonesia Maju pada daerah Patimban dan sekitarnya.

Ibu Endang Budi Karya Sumadi Ketua Dharma Wanita Persatuan Kementrian Perhubungan RI menyampaikan Pelabuhan Patimban diproyeksikan untuk mendukung ekspor impor logistik. Selain itu, adanya pelabuhan patimban jadi simpul transportasi dan strategi pengembangan ekonomi di kawasan Subang dan Jawa Barat.

Adanya pelabuhan patimban. Meningkatkan sektor lain perdagangan industri properti dan pariwisata memperhatikan aspek ekonomi sosial masyarakat dan sekitarnya, imbuhnya. Selain itu, keberadaan Pelabuhan Patimban diharapkan dapat mendirinh roda perekonomian dan menciptakan peluang baru dan perekonomian bagi masyarakat sekitar dan masyarakat luas di Kabupaten Subang.

Kementrian Perhubungan melalui Direktorat jenderal perhubungan laut melakukan pelatihan bagi masyarakat untuk bersinergi membangun kesejahteraan masyarakat. Diharap kan pembangunan pelabuhan Patimban akan membawa manfaat bagi penduduk.

Menurutnya, DWP Kemenhub melihat potensi SDM ibu-ibu dan masyarakat di patimban merupakan modal utama agar bisa lebih maju. Caranya adalah dengan menciptakan peluang melalui industri kriya dan seni yang menitikberatkan pada keterampilan tangan.
Bisa dengan mengolah bahan baku dilingkungan yang menjadi satu barang dan memberikan nilai tambah yang dapat menghasilkan income pada keluarga.

Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat menyampaikan dengan adanya pelabuhan patimban di Kabupaten Subang ini di harapkan menjadi simbol kebangkitan perekonomian di Indonesia khususnya di Kabupaten Subang.
Seiring pertumbuhan ekonomi akan dampak yang menjadi tantangan untuk kita hadapi bersama masyarakat Kabupaten Subang tanpa terkecuali kaum perempuan, harus menjadi bagian dari kegiatan perekonomian yang ada di sekitar pelabuhan masyarakat.

Kami mengharapkan dengan kegiatan ini menjadi salah satu solusi agar masyarakat khususnya kaum perempuan dapat berdaya dengan kemampuam keterampilan yang di butuhkan di tengah roda perekonomian pelabuhan Patimban menuju Subang Jawara (Jaya,Istimewa,Sejahtera).

Kegiatan di lanjutkan dengan penyerahan secara simbolis bantuan masker oleh Ketua DWP Kemenhub RI Kepada Ketua PKK Kabupaten Subang yang di dampingi oleh Camat Pusakanagara, bantuan tersebut dari Kementerian Perhubungan RI Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Selanjutnya Ketua DWP Kemenhub RI melaksanakan peninjaun pelatihan keterampilan yang di dampingi oleh Ketua PKK Kabupaten Subang, Camat Pusakanagara dan Ketua PKK Kecamatan Pusakanagara, adapun tempat pelatihan keterampilannya di bagi beberapa tempat diantara diantaranya di Aula Kecamatan Pusakanagara Pelatihan Mastra sebanyak 30 peserta, Aula kantor desa Kotasari pelatihan Packaging sebanyak 30 peserta, Aula kantor desa Gempol pelatihan keterampilan Gantungan kunci dan seni 3 dimensi sebanyak 20 peserta, Aula kantor desa Kalentambo pelatihan Tamarind ( seni membatik ) sebanyak 20 peserta.

Kegiatan ini di hadiri oleh pengurus DWP Kemenhub Ri, pengurus PKK Kabupaten Subang, muspika kecamatan pusakanagara, pwngurus PKK Kecamatan, seluruh Kepala Desa Se kecamatan Pusakanagara dan seluruh peserta pelatihan keterampilan.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers