Donald Trump Kalah Bawa harapan Warga Ciletuh Bogor

Reporterjabar.com – Kekalahan Calon Petahana Presiden Amerika Serikat, Donald Trump ternyata membawa harapan bagi warga Kampung Kampung Ciletuh Hilir, Desa Watesjaya, Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor Jawa Barat. Nama Presiden Amerika ke-45 itu santer terdengar ditelinga warga Kampung Ciletuh Kabupaten Bogor berkaitan dengan rencana megaproyek permukiman dan daya Tarik wisata (theme park) PT. MNC Land Tbk. selaku anak perusahaan MNC Group miliki Hary TanoeSoedibyo. Nama keduanya mulai dikenal dan menjadi perbincangan setelah Donald Trump - MNC Land berencana membangun resort super mewah di tanah milik warga dan  tempat pemakaman umum Kampung Ciletuh Hilir.

Jauh sebelum Pilpres di Amerika Serikat, perlawanan warga Ciletuh Hilir terus digelorakan dalam menuntut keadilan. Mereka menentang sikap arogansi Donald Trump melalui MNC Land yang hendak menggusur permukiman dan pemakaman umum. Aksi perlawanan warga Kp. Ciletuh Hilir terhdap mega proyek tersebut yang telah berlangsung selama bertahun-tahun diantaranya berharap Donald Trump hengkang dari Tanah Ibu Pertiwi.

Sedangkan Ketua RW Ciletuh Hilir Djajang Mulyana memaparkan bukti-bukti makam warga Ciletuh Hilir mulai digusur. "Sudah ada enam makam yang dipindahkan. Kenapa arwah leluluhur kami diusik juga," dengan masygul.

Pada saat ini, warga berharap kalahnya Donald Trump dalam pemilu dapat berdampak positif terhadap perjuangan memperoleh keadilan warga Kampung Ciletuh yang selama ini.

"Kami sudah berjuang bertahun-tahun tetapi aparatur keamanan dan pemerintah daerah tidak dapat memperjuangkan hak-hak kami sebagai rakyat kecil. Kami akan mempertahankan hak kami hingga titik darah penghabisan dan hal tersebut akan kami terus gelorakan,"  ujar ketua Karang Taruna Kampung Ciletuh Hilir Firmansyah berapi-api.

Di satu sisi salah seorang kuasa hukum warga, Anggi Triana Ismail dari Sembilan Bintang Partners menyebutkan meskipun hasil telah menunjukan kekalahan Donald Trump dalam pemilihan Presiden Amerika, tentunya masih besar kemungkinan bisnis Trump di Indonesia akan terus berlanjut. "Tapi yang pasti kami pun akan senantiasa berjuang bersama warga dalam memperjuangkan rasa keadilan bagi Klien Kami melalui koridor-koridor hukum yang berlaku," ujarnya kepada Reporterjabar.com, Senin (9/11/2020).

Kata dia karena sumpeknya situasi negeri diakibatkan moralitas pemangku kebijakan sudah mendarah daging, sehingga tidak perlu heran jika masyarakat tertindas yang termarjinalkan oleh sistem terus berproduksi dari waktu ke waktunya. Apalagi dengan adanya program developmentalisme ini yakni program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). "Dimana penguasa dan pengusaha akan selalu menjadi pasangan yang begitu serasi dari sinetron yang kini berlangsung. Dan barang tentu masyarakat yang serba berkekurangan akan selalu menjadi penonton dan bahkan sesekali dijadikan peran pengganti dalam situasi genting dan mematikan.

"Dengan adanya hasil kemenangan pemilihan Presiden Amerika Serikat, kami pun berharap akan ada dampak positif yang bisa kami rasakan. Sehingga perjuangan masyarakat Ciletuh Hilir Bogor, bisa berdiri tegak berada pada singgasananya," pungkasnya.

Dalam Pilpres Amerika, Joe Biden dipastikan terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat menggantikan Donald Trump setelah memenangi 290 suara elektoral. Raihan jumlah suara elektoralnya melebihi batasan minimal untuk memenangi kontestasi yaitu 270 suara elektoral di 50 negara bagian AS.  Dikutip Kompas.com, Minggu (8/11/2020), kemenangan Joe Biden diberitakan oleh media-media ternama AS seperti CNN, NBC News, dan CBS News.

Joe Biden dan Kamala Harris maju menjadi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) AS mewakili Partai Demokrat. Sementara itu lawannya adalah petahana Donald Trump dan Mike Pence dari Partai Republik.

 

Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar