Cegah Covid-19 di Subang, Satgas Lakukan ini

Reporterjabar.com - Penyebaran covid 19 bisa diminimalisir dengan membangun perubahan perilaku, menerapkan 3M dan upaya deteksi dini berbasis kecamatan hingga RT. Dikatakan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Subang, dr. Maxi.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Subang mendorong perubahan perilaku dengan penerapam 3M yaitu, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, memakai masker dan menjaga jarak. Dikatakan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Subang, dr. Maxi pencegahan dengan 3M menjadi sangat penting dalam pencegahan. Menumbuhkan kesadaran ini kata dia perlu ditingkatkan di tingkat kecamatan sampai tingkat RT atau lingkungan. Sehingga upaya penegakan disiplin 3M bisa dilakukan tanpa harus menunggu aba-aba dari Satgas Kabupaten. "hanya dengan 3M ini bisa mencegah secara efektif. Berapapun biaya yang dikeluarkan pemerintah akan sia-sia jika tidak disiplin (3M)," ujarnya kepada Reporterjabar.com usai mengikuti Rakor Teknis Penyaluran Bansos Tahap III dan perubahan perilaku di Kantor BPBD Subang, Selasa (3/11/2020)

Kata dr. Maxi kedisiplinan 3M ditingkat lingkungan lebih efektif untuk mencegah penyebaran covid-19. Sebab saat mengandalkan razia oleh Satgas Kabupaten dikhawatirkan malah menularkan kepada yang merazia. Maka dengan berbasis lingkungan maka upaya penegakan disiplin dilakukan oleh komunitas sekitar. Dengan membangun kesadaran dalam pencegahan bisa menurunkan suplay angka kasus.

Selanjutnya upaya Satgas ialah dengan melakukan deteksi dini sampai tingkat kecamatan. Dalam upaya ini satgas mendistribusikan viral tranfer media (VTM) ke puskesmas-puskesmas sekitar 50 – 100 unit vtm tiap puskesmas. Nanti pasien yang memiliki gejala influenza akan langsung diswab sehingga dapat diketahui tracingnya secara cepat dan mendapatkan penanganannya lebih cepat.

Sementara itu dari laporan Satgas Penanganan Covid Kabupaten Subang hingga hari ini ada penambahan kasus konfirmasi sebanyak 4 orang dengan rincian 2 orang Kec. Pagaden Barat, 1 orang Kec. Subang dan 1 orang dari Kec. Cijamb. Sehuinga jumlah akumulasi terkonfirmasi positif menjadi 367 orang.

Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar