PLHUT Pangkas Layanan Ibadah Haji dan Umrah

ReporterJabar.com - Dengan adanya gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) secara tidak langsung dan tidak langsung diharapkan akan memiliki manfaat yang besar kepada calon jamaah haji dan umroh dengan memangkas birokrasi agar layanan haji dan umroh lebih cepat sudah bisa merasakan kenyamanan dalam pelayanan ibadah haji atau umrah. Masyarakat bisa lebih mudah lagi. Kemudian masyarakat juga bisa mudah mengenali gedung. "Karena gedung ini dibangun dengan ciri khas. Jika melihat secara sekilas sudah bisa mengesankan sebagai gedung PLHUT," ujar Direktur Jendral Pelayanan Haji dan Umroh, Prof. DR.H.Nizar, M.Ag saat meresmikan Gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Subang, Sabtu siang (17/10/2020).

"Jadi untuk mengurus pendaftaran hingga pembayaran Haji dan Umroh untuk masyarakat Kabupaten Subang  bisa dilakukan di Gedung  PLHUT, termasuk pembatalan pemberangkatan," ujar Nizar.

Kemudian Kepala Kantor Kemenag Kab.Subang, H.Abdurohim, Gedung Pelayanan Haji dan Umroh Terpadu ini dibangun dengan anggaran dari Kementerian Agama RI sebesar Rp1.575.000.000 dan memiliki dua lantai untuk melayani keperluan jamaah haji dan umroh. 

"Lantai pertama untuk pelayanan jamaah yang meliputi informasi, pendaftaran, pembayaran melalui bank yang ditunjuk, dan layanan bimbingan manasik haji dan umrah. Lantai dua adalah ruang serbaguna yang dapat digunakan untuk bimbingan" ujar H.Abdurohim.

Dikatakan Abdurohim, dengan adanya Gedung Pelayanan Haji dan Umroh ini, bisa memberikan layanan one stop service.

"Calon jamaah haji dalam sehari sudah bisa memiliki nomor porsi haji karena didalamnya semua layanan terkait haji dan umrah sudah disiapkan dalam satu atap" katanya lagi.

Keberadaan layanan di gedung ini diproyeksikan bisa mengatasi kendala-kendala yang selama ini dihadapi masyarakat Kabupaten Subang. "Terkait jarak tempuh, waktu, tenaga, dan biaya transportasi dalam pengurusan administrasi pelayanan haji dan umrah," imbuhnya.

Dalam peresmian tersebut juga  di hadiri oleh anggota Komisi VIII DPR RI Hj. Itje Siti Dewi dan jajaran Kemenag Kab Subang serta ketua MUI Kabupaten Subang, H. Musa.

Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar