Pembangunan jaringan internet desa di Subang Dipercepat

ReporterJabar.com – Untuk pemanfaatan jaringan internet Desa Digital sampai ke tingkat desa Bumadesma Prakarsa Galuh telah menyiapkan pelatihan bagi Padu Digital tingkat RW. Dikatakan Ketua Tim Percepatan Desa Digital Prakarsa Galuh H. M. Makmur S. Sos, M.A.P pelatihan bagi pandu digital tingkat RW itu, bertujuan agar masyarakat di setiap RW ada yang memandu dalam memanfaatkan jaringan internet desa, ke hal-hal yang positif, berguna dan bermanfaat. "Seiring dengan dibangunnya infrastruktur jaringan internet desa hingga ke tingkat RW itu, Prakarsa Galuh memiliki tanggungjawab moril, untuk mengarahkan masyarakat dalam menggunakan internet desa itu ke hal-hal yang positif. Sehingga kami dalam waktu dekat ini segera mengadakan pelatihan bagi pandu desa digital tingkat RW," ujar H. Makmur kepada wartawan di Subang, Jum'at (16/10/2020).

Kata Makmur, setiap RW mengirimkan dua orang perwakilannya untuk mengikuti pelatihan, mulai dari materi menyusun sebuah literasi, kemudian tata cara pengoprasian untuk zoom meetting di Balai RW, membuat konten-konten promosi tentang potensi desa, atau hasil produk UMKM, sampai dengan ke hasil bumi lainnya. "Mereka perlu dibekali dengan berbagai ilmu dan wawasan, tentang pemanfaatan internet desa, agar keberadaan jaringan internet desa digital di tingkat RW itu, bermanfaat banyak untuk kemajuan masyarakat, dalam menuju kedaulatan dan kemandirian desa," imbuhnya.

Sementara itu Makmur mengungkapkan, untuk pelatihan tersebut Prakarsa Galuh menghadirkan sejumlah pemateri yang berkompeten. "Insyaa Allah, kami akan menghadirkan sejumlah pemateri yang memiliki kopentensi dibidangnya masing-masing. Mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat desa Sukahurip dan Bantarsari," ujar Makmur.

Program Desa Digital, di dua desa di Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang, mulai menyasar seluruh RW. Dua desa itu yakni Desa Sukahurip dan Desa Bantarsari.

Sementara itu Kepala Desa Sukahurip Denny Syetiawan mengatakan, Program Desa Digital yang diprakarsai Raja Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi, yang sebelumnya hanya menjangkau wilayah dusun, sekarang infrastruktur internet desa itu, mulai merambah ke tingkat RW.

"Alhamdulillah, infrastruktur jaringan internet desa, di desa kami sudah merambah ke tingkat RW," ujar Denny.

Kata Denny jaringan internet desa yang sampai ke tingkat RW, bisa digunakan untuk mempermudah masyarakat untuk kepentingan bisnis, maupun untuk kepentingan usaha lainnya. Termasuk untuk mempermudah para peserta didik, yang diharuskan belajar daring, bagi yang terkendala dengan jaringan maupun kuota internet. "Intinya apa yang dilakukan oleh Bumadesma Prakarsa Galuh, bersama BAKTI Kemenkominfo dan Smart Connect, dalam mempermudah jangkauan jaringan internet, yang di pasang di setiap balai RW," imbuhnya.

Ia mengungkapkan, dari 8 RW yang ada di Desa.Sukahurip, baru 4 RW yang sudah selesai pemasangan infrastruktur jaringan internet, yang ditargetkan selesai pekan depan untuk 4 RW lagi.

"Kami menargetkan pemasangan infrastruktur internet di 8 RW itu, pada pekan depan," terang Denny.

Denny menambahkan, pemasangan jaringan internet sampai ke tingkat RW itu, sebagai upaya pemenuhan 6 desa kawasan desa digital prakarsa Galuh, sebagai percontohan nasional program desa digital.

"Ini sebagai upaya kita untuk percontohan nasional dalam program desa digital, yang ditunjuk oleh pemerintah pusat," pungkasnya.

 

Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar