Kasdam Ⅲ️/Siliwangi Dorong Budidaya Sereh Wangi



Reporterjabar.com - Majalengka, Kasdam Ⅲ️/Siliwangi, Brigjen TNI Kunto Arif Wibowo mendorong budidaya Sereh Wangi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan nilai perekonomian para pekebun terutama di masa pandemi seperti saat ini sehingga tetap produktif.

"Tingkatkan nilai tambah, daya saing dan keunggulan setiap komoditas pertanian, harus memperkuat sektor hulu dan mengembangkan sektor hilir sehingga ada nilai tambah," katanya, Kamis, 22/10/2020.

Selain itu, Kasdam mengapresiasi atas terobosan program Kodim 0617/Majalengka dan ia pun mendukung atas langkah dan usaha terkait program 'Sereh Wangi Sugih Mukti'.

"Kami berharap apa yang menjadi program Dandim 0617 Majalengka ini, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Majalengka," imbuhnya.

Sementara, Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto menjelaskan, lokasi sereh wangi di Desa Banyureja, Kecamatan Sukahaji, Majalengka ini, merupakan program Kodim 0617/Majalengka dan dikelola bersama masyarakat sekitar.

"Lahan untuk budidaya tanaman sereh wangi di Desa Banyureja ini, ada seluas 130 Hektar," katanya.

Menurutnya, dengan penanaman bibit sereh wangi bisa memberdayakan potensi SDA di lingkungan Desa Banyureja sekaligus untuk mengenalkan langsung kepada masyarakat sekitar.

"Sereh wangi bisa tumbuh di lahan dataran rendah atau dataran tinggi, di lahan yang tandus kurang air atau pun tanah yang lembab, di bawah tegakan ataupun di ruang terbuka. Sereh wangi bisa bertahan dari kekeringan. Maka kami akan melakukan itu salah satunya di wilayah Desa Banyureja ini dengan bermitra bersama petani dan masyarakat," terangnya.(Frans)

Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar