Pemda Kabupaten Subang Siap Lakukan Perbaikan SAKIP


Reporterjabar.com - Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi (Kang Akur) bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemda Kabupaten Subang siap berkomitmen bersama untuk melakukan perbaikan evaluasi sehingga berharap tahun depan Subang nilai-nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) meraih nilai BB. Hal tersebut disampaikan Kang Akur didampingi oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Subang H. Aminudin menghadiri Webinar atau seminar secara daring dengan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang membahas Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi, bertempat di ruang rapat BP4D Kabupaten Subang, Jumat (18/9/20)
.
Setiap pimpinan instansi pemerintah melakukan evaluasi atas implementasi SAKIP di lingkungannya setiap tahun, dan hasil evaluasi digunakan untuk memperbaiki manajemen kinerja khususnya kinerja publik di instansinya secara berkelanjutan.
.
Kang Akur menyampaikan bahwa perkembangan SAKIP Kabupaten Subang Tahun 2019 memperoleh nilai 66,70 atau peringkat B, meningkat dari tahun 2018 sebesar 62,24. Untuk tahun 2020 target nilai yang harus dicapai minimal 70,00 sehingga mencapai peringkat BB.
.
"Kita harus bersyukur dengan pencapaian yang telah di raih, namun untuk kedepannya, sesuai dengan semangat Jawara, kinerja harus lebih ditingkatkan lagi sehingga kita bisa meraih nilai yang lebih dari ini", imbuh Kang Akur.
.
Adapun salah satu arah kebijakan pembangunan 2019-2023 yaitu "Meningkatkan pembangunan infrastruktur, penataan ruang, berkarakter kebudayaan lokal, dan pemerataan pembangunan perdesaan" dengan arah kebijakannya melakukan pembangunan infrastruktur yang berkualitas terutama dalam lembangunan jalan, jembatan, irigasi, drainase dan infrastruktur pendukung lainnya dengan sistem penganggaran yang maksimal.
.
Untuk itu, maka langkah-langkah perbaikan yang dapat dilakukan :
1. Pendampingan penerapan SAKIP dengan Kemenpan-RB serta Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat;
2. Melakukan pendampingan dalam penyusunan laporan kinerja Perangkat Daerah;
3. Melakukan Reviu pada Laporan Kinerja Pemerintah Kabupaten dan Evaluasi SAKIP pada Tingkat perangkat daerah oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Subang.
4. Menerapkan Sistem Informasi e-SAKIP.
5. Penyesuaian RKPD 2021 dan pengawalan capaian RKPD 2020 agar dapat mencapai sasaran target yang telah ditetapkan
.
Turut hadir dalam rapat evaluasi tersebut Asda I, Asda III, para kepala OPD, Camat, lurah dan undangan lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar