Pangdam III/Siliwangi Ikuti Uji Klinis Vaksin Covid-19 ke-2



Reporterjabar.com - Bandung, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, tepatnya dihari ke-14 atau dua pekan setelah disuntik yang pertama, menjalani penyuntikan dosis kedua pada Senin (14/9)2020) kemarin. Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta unsur Forkopimda mengikuti pelaksanaan penyuntikan kedua, ini sebagai relawan uji klinis vaksin Covid-19. Namun, kegiatan tersebut tidak terlepas melewati prosedur pengecekan kesehatan sebelum dilakukan penyuntikan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat (Jabar) mengatakan, uji klinis vaksin Covid-19 kedua berlangsung lebih cepat karena tidak ada pengambilan darah hanya dicek berat badan, lalu diperiksa lagi ditanyakan apakah ada perubahan terhadap paru-paru dan yang lainnya. 

"Setelah itu dilanjutkan dilakukan penyuntikan vaksin ditangani oleh dua dokter," katanya, Selasa, 15/9/2020.

Kemudian kata Ridwan Kamil, seusai penyuntikan vaksin harus menunggu selama 30 menit untuk mengecek reaksi. 

"Kami berharap ada harapan untuk warga seluruh Indonesia bahwa ikhtiar proses ini mari kita doakan sama-sama agar berhasil," imbuhnya.

Ia menambahkan, target uji klinis akan selesai pada akhir tahun atau Desember 2020 mendatang supaya Mukai awal tahun 2021 vaksin Covid-19 bisa dibagikan kepada warga Jabar dan seluruh Indonesia.

"Kami targetkan bulan Desember selesai. Awal tahun atau sekitar Februari 2021 bisa dibagikan," ungkapnya.(Frans)

Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar