Kodim Majalengka Bersama Warga Majukan Potensi Daerah



Reporterjabar.com - Majalengka, Kearifan budaya lokal di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, kian diperhatikan dan dipupuk menjadi modal dasar untuk membangun sektor pariwisata. Hal itulah yang saat ini menjadi perhatian Kodim 0617/Majalengka. Diharapkan budaya lokal bisa menjadi daya tarik utama sektor pariwisata di Majalengka. Untuk itu, jajaran Kodim 0617/Majalengka mulai konsisten melakukan perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan budaya lokal, sehingga mampu mewujudkan potensi warga negara dalam pembangunan ekonomi dan sosial.

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto mengatakan, walaupun masih di tengah Pandemi Covid-19 terus berupaya melakukan pemberdayaan masyarakat, sehingga kedepannya warga dapat mandiri dapat mengelola potensi daerahnya.

"Contohnya di Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, di desa itu banyak potensi budaya lokal yang harus terus digali dan dikembangkan. Seperti, sanggar tari, marawis dan pencak silat serta lainnya. Ini bisa menjadi daya tarik wisata," katanya, Kamis, 17/9/2020.

Selain mengembangkan budaya lokal, pihaknya juga akan melakukan pendampingan masyarakat dalam penguatan di bidang pendidikan, kesehatan, wirausaha, ekonomi dan meningkatkan kehidupan sosial.

"Sehingga akan tercipta keluarga yang sejahtera dan terwujudnya kesetaraan kehidupan masyarakat. Guna mewujudkan sasaran pembinaan teritorial," ujarnya.

Salah satu program yang menjadi fokus Kodim 0617/Majalengka saat ini diantaranya diantaranya adalah menggali potensi 'Sereh Wangi Sugih Mukti'.

"Program tersebut, merupakan implementasi untuk mewujudkan visi dari Kabupaten Majalengka Raharja. Dengan cara memanfaatkan lahan kritis atau yang tidak produktif dijadikan lahan menjadi produktif, menanam Sereh Wangi Sugih Mukti," pungkasnya.(Frans)

Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar