Petugas Gabungan Patroli Kebakaran Hutan di Gunung Ciremai



Reporterjabar.com - Kuningan, TNI dan masyarakat bersinergi melakukan tindakan antisipasi kebakaran hutan dan lahan di sekitar Gunung Ciremai Kuningan Jawa Barat. Babinsa Setianegara Koramil 1510/Cilimus melaksanakan patroli di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) bersama instansi terkait termasuk masyarakat setempat. 
Babinsa Setianegara Koramil 1510/Cilimus Serka Mulyadi mengatakan, memasuki musim kematau cuaca cendrung panas dengan sedikit curah hujan sehingga tumbuhan atau semak-semak di sekitar Gunung Ciremai kerap mengering.
"Semak-semak kering akibat musim kemarau berpotensi terjadinya kebakaran lahan," katanya, Senin, 14/9/2020.
Ia melanjutkan, pihaknya bersama anggota Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) dan instansi terkait lainnya melakukan pengawasan di daerah rawan kebakaran.
"Kami di sini berjaga agar jika tiba-tiba terjadi kebakaran bisa langsung ditangani. Ini karena situasi cuaca saat ini sedang angin kencang dan suhu udara yang cenderung panas. Jadi, bisa dikatakan ini sangat rawan terjadi kebakaran," imbuhnya.
Seperti diketahui, sebelumnya terjadi kebakaran lahan dalam 2 hari di blok Cirendang dan blok Pejaten desa Padabeunghar kecamatan Pasawahan, pada hari Rabu  tanggal 9 September 2020 lalu dan hari  Jumat 11  September 2020.
"Selain melakukan patroli, kami juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di sekitar kaki gunung Ciremai agar tidak membakar sampah sembarangan dan menjaga kelestarian alam," Pungkasnya.(Frans)
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar