Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI Secara Resmi Membuka Pasanggiri Jaipong Kreasi Tingkat Nasional


Reporterjabar.com - Direktur Kepercayaan Kepada Tuhan YME, Sjamsul Hadi mewakili Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI dengan resmi membuka dimulainya Pasanggiri (Festival) Jaipong Kreasi Seri IV Tingkat Nasional. Peresmian dilakukan secara daring (online) dari Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Sabtu (26/9/2020)

Dalam sambutannya Sjamsul Hadi mengapresiasi Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan yang konsisten melakukan pembinaan kebudayaan dalam hal Seni Jaipong. Menurut dia upaya yang dilakukan Galuh Pakuan memelihara kekayaan budaya Sunda yang menjadi khasanah Kekayaan Indonesia.
Khususnya ditengah pandemi covid 19 ekpresi kreativitas disesuaikan dengan tatanan baru. "Dari yang bersifat luring ke bentuk daring," katanya.

Sedangkan seni Jaipong salah satu kesenian yang cukup diterima diseluruh lapisan. "(Kesenian Jaipong) ini merupakan potensi untuk kemajuan masyarakat. "Adanya kegiatan (Festival) bisa terus dilakukan menjadi kesempatan untuk membantu dalam mengekspresikan para peserta untuk," katanya.

Sementara itu dikatakan Bambang Tri Santoso mewakili Kementerian Kominfo,  yang dilakukan Galuh Pakuan adalah memadukan potensi teknologi komunikasi dan informatika di daerah dalam mengekspresikan budaya yang hidup di Indonesia.

Dalam laporan panitia sebagaimana yang disampaikan Raja LAK Galuh Pakuan, Rahiyang Mandalajati Evi Silviadi SB selama dibuka pendaftaran terdata sebanyak 530 pendaftar dengan jumlah 1080 penari dari 14 provinsi. Baik perorangan maupun sanggar dari berbagai kategori diikuti 1080 penari
Alam dilakukan penilaian kreasi tari, koreografi, tata video. Sebagai pengiring penari Jaipong akan menggunakan lagu yang berjudul "Galagar Odéng" karya cipta Galuh Pakuan.

Kemudian Abah Renggo menuturkan tentang filosofi Lagu "Galagar Odeng". Kata Abah Renggo Odéng adalah serangga kecil yang lemah. "Tetapi memiliki keuletan. Mereka makan makanan yang selektif. Kemudian mereka juga memiliki harga diri yang ditunjukkan bila salah satu diantara mereka yang terganggu maka akan secara kompak komunitasnya ikut membantu," jelasnya.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis. Diantaranya petunjuk tentang babak penyisihan dilakukan secara daring. Kemudian 10 terbaik setiap kategori akan disertakan dalam babak final yang yang akan dilaksanakan secara live.

Panitia juga menekankan selama proses produksi maupun kegiatan dari babak penyisihan sampai final tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sehubungan kegiatan ini dalam situasi pandemi.

Dari sepuluh besar untuk kemudian ditetapkan 6 pemenang dengan ketentuan Juara I, Juara II, Juara III, Juara Harapan I, Juara II dan Juara III. Hadiah total 100 juta rupiah. (Ist).

Posting Komentar

0 Komentar