Cegah Banjir, TNI dan Warga Buat Saluran Irigasi



Reporterjabar.com - Kuningan, Jajaran TNI AD Kabupaten Kuningan melalui Babinsa Koramil 1510/Cilimus melakukan bakti kepada masyarakat. Babinsa Desa Koreak membantu warga masyarakat melaksanakan karya bakti membuat saluran irigasi sepanjang 200 meter di Dusun 02 Desa Koreak Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan. 

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi datangnya musim penghujan yang bisa mengakibatkan luapan air kemana-mana sehingga terjadinya banjir.

Babinsa Koramil 1510/Cilimus Sertu Nendi M mengatakan, pihaknya siap membantu masyarakat, karena tugas pokok TNI selain melakukan Operasi Militer Perang juga Operasi Militer Non Perang yaitu turut serta membantu pemerintah daerah dalam rangka mensejahterakan masyarakat.

"Kami selalu manunggal dengan rakyat," katanya, Selasa, 1/9/2020.

Selain mengantisipasi banjir, pembangunan saluran air ini sebagai langkah pemerintah desa untuk mempermudah saluran pengairan sawah.

"Saluran irigasi berfungsi juga untuk mengairi sawah agar tidak kekeringan," imbuhnya.

Sebelum membuat irigasi, pihaknya dan masyarakat melakukan urung rembuk menentukan material sekaligus daya tahan irigasi yabg akan dibangun.

"Semuanya kami persiapkan dengan masak, agar irigasi ini nantinya bermanfaat bagi masyarakat dan bisa dijaga dengan baik," tuturnya.(Frans)

Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar