Babinsa Kelurahan Harjamukti Bersama Warga Bersihkan Lingkungan



Reporterjabar.com - Cirebon, Dalam rangka menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih di wilayah binaan, Serka Abdul Hadi (Babinsa Kelurahan Harjamukti Kota Cirebon) bersama Bhabinkamtibmas dan warga RW 07 Plandakan Kelurahan Harjamukti melaksanakan kerja bakti membersihkan sampah. Sampah plastik hingga bekas makanan/minuman serta sampah rumah tangga semua dikumpulkan lalu dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir. Selain pembersihan sampah, rumput dan belukar yang kering juga dibabat sekaligus dibakar guna menghindari kebakaran yang dipicu oleh cuaca yang panas serta tiupan angin yang cukup kencang. 
Danramil 1402/Cirebon Selatan Kapten Arm Toto mengatakan, pelaksanaan kerja bakti juga dijadikan sarana sebagai silaturahmi dan Komsos dengan warga binaan. Selain itu, ia meminta masyarakat mewaspadai musim kemarau karena rawan kebakaran lahan.
"Saat ini perlu diwaspadai kemungkinan bahaya kebakaran serta kekeringan, sehingga Babinsa jajaran Koramil 1402 ditekankan untuk mengantisipasi kejadian menonjol di wilayahnya khususnya yang disebabkan musim kemarau," katanya, Senin, 14/9/2020.
Ia melanjutkan, dengan pemetaan potensi bencana yang mungkin dapat terjadi akibat kemarau panjang, diharapkan mampu meminimalisir kerugian dan pemberian bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat.
"Jika masyarakat sudah memiliki tindakan antisipasi maka bencana seperti apapun dampaknya dapat diminimalisir," imbuhnya.
Ia menambahkan, kegiatan kerja bakti tidak harus dilakukan pada momen-momen tertentu namun dapat dilakukan dari lingkup yang paling kecil yaitu rumah tangga.
"Kalau dari tingkat rumah tangga sudah memiliki kesadaran tinggi mengenai kebersihan, maka lingkungan akan menjadi aman dan nyaman," ungkapnya.(Frans)
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar