Upacara HUT Ke-59 Pramuka Tingkat Kabupaten Subang

Reporterjabar.com - Upacara puncak Peringatan HUT ke-59 Pramuka di Sekretariat Kwarcab Pramuka Subang, di Puri Cadika Subang, Jln.Brigjen Katamso Subang, Jumat (14/8/2020). Tema puncak peringatan HUT ke-59 kali ini adalah "Peran Gerakan Pramuka Indonesia Ikut Membantu Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara."

Bupati Subang selaku Ka Mabicab Pramuka Subang, dalam sambutannya menyampaikan, gerakan pramuka telah lahir sejak 59 tahun yang lalu, bahkan gerakan kepramukaan di dunia dimulai sudah lebih dari 110 tahun yang lalu, gerakan inl adalah merupakan suatu organisasi pendidikan. oleh sebab itu, nama lengkap organisasi inl adalah gerakan pendidikan kepanduan praja muda karana, merupakan suatu organisasi pendidikan nonformal, untuk melengkapi pendidikan informal di llngkungan keluarga dan masyarakat, serta pendidikan formal di institusi-institusi pendidikan formal.

meskipun gerakan pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus kepada pendidikan bagi anak-anak dan remaja, dan bukan organisasi bantuan sosial, gerakan pramuka tetap aktif melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial, bakti masyarakat, dan pembangunan masyarakat. hal tersebut sejalan dengan kode kehormatan gerakan pramuka, berupa dwi satya dan tri satya serta dwi darma maupun dasa darma pramuka, yang bagian utamanya adalah untuk menekankan kepada para pramuka agar dapat "menolong sesama hidup" dan "mempersiapkan diri serta ikut membangun masyarakat".

kegiatan bakti sosial yang dilakukan para pramuka merupakan bagian dari pendidikan karakter.
Bupati Subang menyampaikan ubah hambatan menjadi peluang, hambatan latihan pramuka secara normal yang biasa dilaksanakan di tingkat gugus depan, kini digantikan dengan kegiatan yang llntas kwartir, bahkan llntas negara, karena mellbatkan anggota pramuka dari negara lain. gerakan pramuka juga terus mengembangkan hubungan dengan para pramuka dan pandu luar negeri. hal inl sejalan dengan slogan bahwa "setiap pramuka/pandu adalah saudara bagi pramuka/pandu lainnya". meskipun berbeda-beda latar belakang, suku, agama, ras, maupun perbedaan lainnya, tidak menjadi penghalang untuk menjalln persaudaraan sesama anggota pramuka.

Kang Jimat menutup sambutannya menyampaikan harapan agar kiranya organisasi inl dapat lebih diperhatikan. sebagaimana kita ketahui, jumlah anggota gerakan pramuka saat inl sekitar 25 juta orang dan merupakan yang terbesar antara organisasi kepramukaan seluruh dunia yang jumlahnya mencapai 54 juta orang. hampir setengah dari jumlah pramuka atau pandu sedunia berasal dari indonesia. jumlah besar inl merupakan potensi yang sangat bermanfaat apabila dapat dimaksimalkan pembinaannya. 

Turut hadir dalam puncak peringatan HUT Pramuka ke-59 ini,  Wakil BUpati Subang Kang Akur atau Agus Masykur Rosyadi, Sekda Subang H.Aminudin, para Kepala OPD, para Camar,  kwartir ranting dan sejumlah lembaga pendidikan. Pimpinan dan anggota DPRD Subang dan puluhan  kader gerakan Pramuka Subang.
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar