Sapapait Samamanis Dengan Tanam Pohon

Reporterjabar.com - Bupati Subang H. Ruhimat (Kang Jimat) didampingi Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi (Kang Akur), dan Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, H. Aminudin (Kang H. Amin) mengikuti kegiatan Gerakan Sapapait Samamanis (GSS) di Kampung Bunikasih, Desa Cupunagara, Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang.
Gerakan Sapapait Samamanis di Kampung Bunikasih tersebut di selenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Subang.
Kepala Desa Cupunagara dalam sambutan selamat datang menyampaikan, Kampung Bunikasih sebelumnya adalah kampung yang terisolir, dengan jumlah 1 RT, dan 34 KK, Kepala Desa merasa bangga dapat terselenggaranya kegiatan Sapapapit Samamanis yang di pusatkan di Kampung Bunikasih.
Dalam sambutannya Kepala Desa Cupunagara berterimakasih kepada semua pihak diantaranya PT. PTPN, karena mendukung pelebaran jalan menuju Bunikasih. Selain itu ada dukungan dari Bapak Muhamad Alvan Baharudin  yang mendukung upaya pelebaran sepanjang  2 Km.
Kepala Desa Cupunagara menyampaikan, setelah Desa Wisata dirilis pada tahun 2018. Tahap demi tahap, Desa Cupunagara terus berbenah dan semakin semangat dalam pengembangan Desa Wisata, yang mana lokasi Cupunagara berbatasan langsung dengan kabupaten Bandung Barat. Dan jarak ke Curug Cileat dari Kampung Bunikasih kurang lebih 3 Km. Mudah kedepannya bisa dibuka akses jalan. Di Cupunagara banyak lokasi heritage sejarah kebun teh. Ada situs Pabeasan Eyang Pabeasan.
Dibukanya akses jalan yang sebelumnya terisolir mudah mudahan bisa membuka kesejahteraan untuk masyarakat desa  Cupunagara  khususnya kampung Bunikasih yang terisolir.
Termasuk berterima kasih kepada pihak PT. Tirta Investama yang turut membantu bibit buah-buahan, Cupunagara adalah daerah konservasi. "Kita jaga hijaunya, kulturnya, sehingga Keasrian Desa dapat terjaga. ciri masyarakat wisata adalah kesiapan dalam menjaga lingkungan," ujarnya.
Kepala Dinas PUPR dalam Laporannya menyampaikan Pelaksanaan Gerakan Sapapait Samamanis, sangat mempererat persaudaraan, Bunikasih sangat menantang untuk dikembangkan, program sapapait samamanis yang awalnya berbasiskan charity di Bunikasih jadi kegiatan fisik pelebaran jalan.Terlebih  penduduk di sini menginginkan jalan, terkait ada tanah milik penduduk yang akan terkena pelebaran jalan. Pak RT menjamin terkait tanah yang  terpakai  jalan tidak akan menjadi masalah.
Akhirnya berkat kemauan semua staff di Dinas PUPR. selanjutnya menyisihkan rezekinya untuk mendukung program sapapait samamanis.
Kepala Dinas PUPR secara khsusus menyampaikan terimakasih kepada  Letnan Jenderal TNI Mar Muhammad Alfan Baharudin yang turut membantu dalam upaya pelebaran jalan. Dari 3 km hampir 2 Km nya dibantu Bapak Muhammad  Alfan.
Disampaikan secara simbolis masker oleh Dirut Perumda Kabupaten Subang, Suryana  berupa 50 buah paket Sembako, dan dari PT
Tirta Investama atau Aqua, Bibit pohon,  buah-buahan mie instan 35 Dus, Aqua 35 Dus, beras dan minyak goreng.
Bupati Subang atau Kang Jimat dalam sambutannya, menyampaikan Bunikasih adalah salah satu bukti dari gotong royong. Tahapan dan usahanya dalam mencapai kesejahteraan bersama sama melalui rereongan dan program sapapait samamanis.
kang Jimat menyampaikan kedatangan nya dalam rangka silaturahmi. Sudah beberapa kali ke Cupunagata baru kali ini dapat singgah ke kampung Bunikasih.
Kang Jimat menyampaikan doa restunya, karena akan mengaspal jalan sampai tengah perkampungan bunikasih, terkait jalan Cisalak Darmaga Ke Cupunagara juga mohon doa restu. Bulan ini akan dimulai proses pengaspalan jalan dari Darmaga ke Bukanagara.
Mudah mudahan akan sangat banyak manfaat bagi masyarakat. Meskipun pemerintah yang membiayai, Kang Jimat berharap masyarakat harus turut bersama sama bergotong royong dalam membantu pembangunannya.
Dalam kesempatan tersebut Kang jimat menyampaikan rencananya untuk menyelesaikan pembangunan jalan  Cipeundeuy ke serangpanjang sepanjang 30 KM, kemudian Jalan lingkar Jalancagak. Selanjutnya pada awal tahun ini akan di mulai jalan lingkar Subang kota.
Awal tahun  2021 akan dibangun juga jalan sepanjang 44 Km  dari Cilamaya tembus ke Pusakanagara  Patimban, yang diharapkan dapat membantu menunjang infrastruktur untuk Patimban.
Kang Jimat, menyampaikan secara khusus, dirinya dan Wakil Bupati Subang akan terus bersama menyelesaikan tugas sebagai Bupati dan Wakil Bupati.
Wakil Bupati  Subang  Kang Akur menyampaikan kedepan akan banyak pembangunan Jalan dan taman. Kang Akur mengajak untuk  membangun  Subang, mudah mudahan diberikan keselamatan dalam menjalankan pemerintahan. 
Dalam kegiatan sapapait samamanis tersebut, dilaksanakan pula senam sehat  jantung bersama sama warga masyarakat.
Selanjutnya Kang Jimat, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah Kabupaten Subang menanam pohon bersama secara simbolis.
Selanjutnya Kang Jimat beserta rombongan mengunjungi anak anak dalam rangka sikat gigi bersama, dalam kegiatan tersebut dilakukan pengenalan cara menggunakan sikat gigi kepada  anak-anak.
Kang Jimat dan rombongan selanjutnya mencoba dan menjajal makanan yang di jual oleh masyarakat dalam bazzar sapapait  samamanis. Dalam kesempatan tersebut Kang Jimat  mencoba makan tutut,.sebelum melaksanakan shalat Jum'at bersama sama.
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar