Ketua TP PKK Subang Paparkan Homestay

Reporterjabar.com - Ketua TP PKK Kab. Subang, Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat menyampaikan materi terkait rumah sehat dalam Pelatihan Homestay, yakni kegiatan Pengembangan SDM di Bidang Kebudayaan Pariwisata Bekerjasama dengan Lembaga Lainnya (DAK) TA 2020 yang dilaksanakan Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Subang di Grant Hotel Subang, Selasa (11/8/20).

Didampingi Kadisparpora dan Kabid Desnitasi dan Produk Wisata Disparpora, Hj. Yoyoh menyampaikan jika pengembangan pariwisata tidak bisa berdiri sendiri, tetapi bersinggungan dengan aspek lain salah satunya yaitu ketersediaan akomodasi para pengunjung seperti hotel dan homestay. "Homestay merupakan aspek penting bagi para pengunjung, karena melalui homestay kita dapat meraih minat para tamu untuk ingin kembali datang berkunjung.

Jika selama ini manfaat pariwisata hanya dirasakan resort dan hotel. "Maka kita juga berharap efek positif dari sektor pariwisata kita juga dirasakan oleh masyarakat yang menyiapkan rumahnya sebagai homestay," ujarnya.

Hj. Yoyoh berharap dengan diadakannya pelatihan seperti ini, bisa merubah kebiasaan dan pemikiran masyarakat selaku tuan rumah untuk selalu mengedepankan keramahan dalam hal pelayanan bagi para pengunjung. Pengunjung harus selalu diberi pelayanan yang baik layaknya seorang raja, agar ada dampak ekonomi bagi daerah kita.

Dalam pemaparan materi tentang sarana dan prasarana apa saja yang harus dipersiapkan untuk menunjang homestay yang sehat, bersih, dan tentunya menarik bagi para wisatawan.
Hj. Yoyoh menyampaikan beberapa kriteria rumah sehat yakni memiliki kloset yang sehat, sarana air bersih, TPA, sarana pembuangan air limbah, ventilasi rumah yang baik, kepadatan hunian rumah yang sesuai, dan lantai rumah yang tidak terbuat dari tanah.

Selain itu Hj. Yoyoh juga menyampaikan elemen penting dalam rumah sehat yakni menjaga kebersihan, kamar mandi yang bersih, pencahayaan yang cukup tidak, memelihara hewan di rumah, ventilasi udara yang baik, dan sebisa mungkin rumah harus terhindar dari serangga.

Melalui pelatihan seperti ini, Hj. Yoyoh berharap agar masyarakat yang menyiapkan rumahnya untuk dijadikan homestay, dapat mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan agar pengunjung merasa nyaman dan ingin kembali berkunjung di kemudian hari.
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar