DAHANA Terus Dorong UMKM Berkembang

Reporterjabar.com - Rekam jejak PT DAHANA (Persero) dalam bidang CSR telah banyak tercatat, dari membantu masyarakat di tempat DAHANA mulai besar yakni Tasikmalaya, masyarakat di sekitar Kantor Manajemen Pusat Subang, hingga warga yang tinggal di sekitaran site project DAHANA serta masyarakat umum lainnya.   DAHANA juga hadir dengan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan yang telah mencetak berbagai pengusaha lokal dari sejak merintis hingga beberapa mitra berhasil menembus pangsa pasar internasional.


"PT DAHANA (Persero) terus mendorong UMKM yang menjadi mitra binaannya untuk terus berkembang.  Dukungan dari kami ini diwujudkan dalam berbagai program kemitraan yang menyasar berbagai sektor usaha," ungkap Eman Suherman, Ketua PKBL PT DAHANA (Persero) pada 11 Agustus 2020 di Kantor PKBL DAHANA Subang.

Semenjak pandemi Covid-19 melanda, hampir semua pelaku UMKM merasakan dampak terutama penurunan omset yang diakibatkan oleh menurunnya permintaan pasar terhadap produk-produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM di Kabupaten Subang.   Hal ini dirasakan pula oleh Mitra Binaan PKBL DAHANA.  Salah satu mitra binaan yang bergerak di bidang pembuatan alas kaki akhirnya banting setir menjadi produsen masker kain. 

"Salah satu bentuk dukungan DAHANA untuk keberlanjutan ekonomi mitra tersebut adalah dengan menyerap produk masker yang dihasilkannya," ungkap Eman Suherman.

Dukungan untuk program pengembangan UMKM lainnya adalah dengan menyelenggarakan pelatihan baik online maupun offline.  PT DAHANA (Persero) melalui unit khusus PKBL telah bekerja sama dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PLUT KUMKM) Kabupaten Subang mengadakan pelatihan online dan offline gratis bagi para pelaku UMKM dengan tema Memulai Usaha Kembali Bagi Pelaku UMKM di Tengah Kondisi New Normal pada 22 Juli 2020 lalu.

"Pelatihan ini merupakan aksi nyata dari PKBL DAHANA untuk membantu pelaku UMKM mengembangkan usahanya dalam menghadapi era new normal yang diakibatkan oleh pandemic Covid-19.  Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan yang digelar oleh DAHANA ini bisa memberikan efek positif yang langsung dirasakan oleh para peserta," ungkap Eman.

Lanjutnya lagi, bagi pelaku UMKM yang ingin menjadi mitra binaan PKBL DAHANA syaratnya adalah calon mitra sudah mempunyai usaha dalam kategori UMKM minimal selama 6 bulan, kemudian usahanya tersebut mempunyai prospek untuk dikembangkan dan prodaknya dapat menyerap sumber daya lokal sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak orang selain calon mitra tersebut. (Ist)

Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar