Rizal Ramli : Jabar Bisa Jadi Lumbung Padi Nasional Kalau Pemimpinnya Kreatif





SUBANG - Ekonom senior Rizal Ramli mengatakan Jawa Barat bisa menjadi lumbung padi nasional apabila pemerintah daerahnya menjadikan pertanian sebagai program prioritasnya.

Menurut mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini, Jawa Barat memiliki potensi yang sangat besar di sektor pertanian. Namun, sayangnya potensi ini belum dimanfaatkan dengan baik.

"Banyak ruang dan kesempatan untuk Jawa Barat bisa unggul di bidang pertanian, namun sayangnya pemerintah pusat dan pemerintah daerah Jawa Barat tidak tertarik untuk mengembangkan pertanian secara serius," kata pria yang biasa disapa Bang Rizal ini.

Padahal, menurut dia, resiko bidang pertanian sangat kecil apalagi disaat pendemi Covid-19 ini karena para petani dapat bekerja sendiri tanpa harus melibatkan banyak orang.

"Kalau pertanian kan para petani bisa kerja sendiri beda sama pabrik. Kalau pabrik yang kerja banyak orang jadi resiko terpapar Covid-19 juga besar," ujar Bang Rizal.

Karena itu ia mendorong agar ke depannya para pemimpin di Jawa Barat untuk lebih kreatif dan berpihak pada rakyat. "Menurut hemat kami, harus dorong pemimpin-pemimpin di Jawa Barat agar lebih kreatif dan fokus pada sektor pertanian," tutur Bang Rizal.



Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar