PT. Pelni dan Pemda Kabupaten Subang Perkuat Bisnis Pelabuhan Patimban


reporterjabar.com - Bupati Subang H. Ruhimat atau Kang Jimat menerima kunjungan kerja PT Pelni (Pelayaran Nasional Indonesia) yang dipimpin oleh direktur utama PT Pelni Insan Purwarisya L. Tobing di Rumdin Bupati, Kamis (9/7/2020)
Insan menyampaikan Pelni hadir sebagai agen pembangunan dalam rangka memperkuat konektivitas antar wilayah termasuk menjamin aksesibilitas masyarakat di daerah 3TP serta tanggap darurat sehingga 96% dari jumlah kapal Pelni adalah kegiatan penugasan.
Kemudian dia menyampaikan ada peluang bisnis dan kerjasama yang bisa dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Subang dengan PT Pelni. Beliau menyampaikan selama proses pembangunan pelabuhan Patimban dapat dilaksanakan kerjasama pengangkutan material dan alat konstruksi pembangunan pelabuhan selanjutnya setelah proses pembangunan dapat dilaksanakan kerjasama distribusi barang atau komoditas unggulan Kabupaten Subang via laut. Kerjasama logistik via laut atau urban logistik dengan pelaku usaha di kawasan industri Subang. Kerjasama pengelolaan distribution center warehouse, perdagangan, kerjasama pengelolaan depo kontainer.
Selain itu dapat juga dilaksanakan kerjasama pengelolaan pelabuhan, Pembukaan cabang PPJK dan keagenan dan kerjasama port  service atau infrastruktur bongkar muat.
Kemudian kata dia mengenai tol Laut adalah konsep pengangkutan logistik kelautan yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo. Program ini bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di nusantara. "Dengan adanya hubungan antara pelabuhan-pelabuhan laut ini, maka dapat diciptakan kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok. Dengan adanya Patimban ini bisa jadi ke depannya ada peluang pengiriman komoditas dari wilayah di sekitar Kabupaten Subang ke wilayah timur  Indonesia melalui pelabuhan Patimban," tuturnya.
Kang Jimat dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada PT Pelni di Kabupaten Subang. "Dengan keberadaan Pelabuhan Patimban memiliki potensi  yang menjanjikan sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Subang sangat konsen sekali dan mengupayakan segala usaha yang ada untuk kesejahteraan masyarakat Subang," katanya.
Kang Jimat berharap adanya kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah khususnya PT. Pelni  dengan Pemerintah Daerah demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Subang.
Hasil dari pertemuan PT. Pelni dan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang selanjutnya akan dilanjutkan dalam bentuk kerjasama yang lebih konkrit, salah satu contohnya PT. Pelni akan memberikan kesempatan bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, untuk mengirimkan sumber daya manusia untuk magang di PT. Pelni, baik di tingkatan manajerial sebanyak 10 orang dan tingkatan operasional sebanyak 20 orang pada angkatan pertama. Hal ini sebagai bentuk upaya meningkatkan sumber daya manusia Kabupaten Subang dibidang pelayaran.
Kegiatan silaturahmi ini selain dihadiri oleh Kang jimat, turut mendampingi Kepala BP4D, Kepala Dinas Perhubungan, Asda 1 beserta jajaran, Raja Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi. Dari pihak PT Pelni, hadir Direktur utama PT Pelni Bpk. Insan Purwarisya L. Tobing, Direktur Usaha Angkutan Barang dan Toll Laut, Bapak Masrul Khalimi, VP.  Pengembangan Usaha dan Produk Angkutan Barang Bapak Kardiansyah,  VP. Pemasaran Angkutan Kapal Barang Haji Rizal dan beserta jajaran.

Posting Komentar

0 Komentar