Program Pemda Subang Dari Gorol hingga Béas Pérélék

Reporterjabar.com - Bupati Subang H. Ruhimat atau yang biasa dipanggil Kang Jimat, hari Senin (20/7/20) bersilaturahim dengan warga masyarakat di Desa Cisampih Kecamatan Dawuan. Kegiatan ini berkaitan dengan kegiatan Gorol (Gotong Royong Lobaan) pembangunan drainase sepanjang 3 km dari desa Cisampih ke Babakan Ciherang dan dari Babakan Ciherang ke Kampung Ciherang yang diikuti sekitar 700 orang warga.

Selama dalam peninjauan Kang Jimat berjalan kaki sepanjang drainase sambil menyapa warga yang tengah gorol dengan didampingi Kalak BPBD, H. Hidayat. Menurut Hidayat keberadaan drainase yang terawat baik cukup vital karena bisa mencegah banjir. "Jika tidak dikelola dapat mengakibatkan bencana banjir," jelas Hidayat.

Desa Cisampih merupakan desa binaan BPBD Kabupaten Subang. Kegiatan Gorol selaras dengan program Gerakan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat Terpadu (Ganas Madu). Selain Program Ganas Madu, BPBD turut melakukan pembinaan program Sapapait Samamanis yang menjadi program unggulan Kabupaten Subang dalam menanggulangi dampak pandemi Covid19.

Kegiatan kemudian dilanjutkan  mengikuti kegiatan pengukuhan 27 RT yang akan mengelola program Perelek dan meresmikan pos kamling yang ada di RT 6 RW 2,  di Dusun 1 Cisampih.

Sebelum meresmikan poskamling Kang Jimat berkeliling ke rumah-rumah warga masyarakat untuk mengambil beras Perelek yang ditempel di dinding rumah masing masing.

Setelah mendapatkan beras pérélék yang dikumpulkan dalam boboko. Kemudian menuju pos kamling dan menggunting pita sebagai tanda meresmikan pos kamling. Di pos kamling Kang Jimat berdiskusi dan menerima aspirasi masyarakat sambil mencicipi bajigur yang disajikan warga.

Kalak BPBD dalam kesempatan tersebut menyampaikan pos kamling ini merupakan poskamling hasil réréongan warga masyarakat dan donatur. "Diharapkan dengan adanya ini kegiatan terkait pengelolaan ketertiban dan keamanan masyarakat dapat lebih baik," jelasnya.

Kang Jimat menyampaikan apresiasi atas masih dijalankannya program  beas pérélék dan réréongan sarupi hal tersebut merupakan kebiasaan baik yang perlu untuk di wariskan dan dikenalkan kepada anak cucu kita.

Dalam rangka sapapait samamanis Kang Jimat mengajak kepada masyarakat untuk saling membantu satu sama lain.  Dan tidak lupa dalam kesempatan tersebut  Kang Jimat berpesan kepada masyarakat untuk meneruskan kebiasaan baik ini sebagai bagian dari  program gerakan "Sapapait Samamanis" di Desa Cisampih.
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar