Pesan Moral dari Aktivasi Smart Jawara di Subang

Reporterjabar.com - Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumadesma) Prakarsa Galuh mengadakan syukuran aktivasi jaringan internet Program Smart Jawara Subang di lima desa yaitu Desa Sukahurip, Desa Bantarsari, Desa Cikadu, Desa Cirangkong Kecamatan Cijambe dan Desa Cimanggu Kecamatan Cisalak. Dikatakan Patih Agung LAK Galuh Pakuan, Abah Renggo sebagai tanda beroperasinya jaringan internet diawali oleh komunikasi Sinta Nurmala (14 tahun) seorang siswi SMPN 2 Cijambé warga Cipeuris RT 10/04. Kata Abah Renggo, Sinta adalah siswi yatim kurang mampu yang tinggal bersama ibunya, Een Jaenah yang bekerja sebagai buruh cuci. Oleh LAK Galuh Pakuan - sebagai lembaga adat - didukung penuh dalam pendidikannya dengan diberikan sebuah laptop dan dipasangkan jaringan internet di rumahnya. "Kami harap dengan internet ini bisa membantu Sinta belajar jarak jauh atau study from home," ujar Bah Renggo.

Kata Abah Renggo dengan diaktifkannya Smart Jawara oleh Sinta ada pesan yang ingin disampaikan bahwa pertanggungjawaban produk Desa Digital atau teknologi harus digunakan secara positif dan tidak mengurangi nilai-nilai tradisi desa sebagai bagian budaya yang hidup di desa. "Karena keberadaan teknologi sudah seharusnya mendorong pada kemajuan dalam meningkatkan kesejahteraan sekaligus menguatkan budaya," tuturnya.

Sambutan Kepala Desa Sukahurip, Deni Setiawan menyambut baik karena dinilai akan menunjang kemajuan désa diantaranya dibidang pendidikan, pertanian dan perekonomian di Sukahurip Cijambé. Khususnya kepada Sinta Nurmala bisa membantu dalam pendidikan dimasa pandemik yang dilakukan dari rumah.
Untuk selanjutnya pembangunan Desa Digital yang tengah dilakukan di 50 titik meliputi kampung-kampung.

Pembangunan Desa Digital yang sekarang tengah dilakukan ialah dengan membangun infrastruktur telekomunikasi berupa tower dan jaringan fiber optic. Dilaksanakan berkolaborasi antara Bumadesma Prakarsa Galuh, SmartConnect dan Bakti Kominfo.
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar