Pantai Pondok Bali Terpilih Jadi Lokasi Pengamatan Hilal


Reporterjabar.com - Pantai Pondok Bali Kabupaten Subang Jawa Barat  terpilih menjadi salah satu lokasi Pengamatan Observasi Bulan (POB). Hal tersebut terungkap dalam silahturahim jajaran p Pejabat Kantor Wilayah Kementerian agama Provinsi Jawa Barat yang dipimpin oleh Kepala Kantor yaitu haji Adib, M.Ag.
Silaturahim tersebut dengan agenda rukyat hilal, dalam menetapkan 1 Dzulhijjah 1441 H. BHRD Jabar akan menyelenggarakan rukyat hilal bersama dengan Tim Kanwil Kemenag provinsi Jawa Barat Kemenag Subang BHR Subang dan wilayah lainnya yang akan diselenggarakan di Pantai Pondok Bali Kabupaten Subang.
Dalam kesempatan tersebut Kakanwil menyampaikan kalau memang nanti dari Pemerintah Kabupaten Subang dapat mempersiapkan tanah yang strategis yang cocok untuk lokasi POB.
"Insya Allah (kita) akan mempersiapkan pembangunannya. POB tersebut akan dirancang tidak hanya digunakan untuk melihat bulan atau penanggalan Komariah, akan tetapi ada fungsi lain salah satunya adalah, akan  digunakan juga untuk edukasi bagi para siswa" tuturnya.
Dikatakan oleh dia bahwa keberadaan pusat observasi bulan yang telah ada hadir seperti di Cibeas Pelabuhan Ratu di Kabupaten Sukabumi bisa menjadi tempat wisata religi dan edukasi ilmu Falak astronomi. "Selama ini tempat tersebut dijadikan rujukan Kementerian Agama dalam penentuan awal bulan hijriyah. Rencananya untuk POB di Kabupaten Subang akan di bangun di wilayah Pondok Bali Subang," katanya.
Kang Jimat selaku Bupati Subang dapat menyambut baik rencana tersebut. menurutnya akan sangat bermanfaat dan bisa dipergunakan untuk menentukan hilal dimasa yang akan datang atau kegiatan lainnya yang bermanfaat.
Kami atas nama pemerintah dan pribadi akan men-support rencana pembangunan pusat observasi bulan, yang Insya Allah akan sangat bermanfaat bagi umat Islam," pungkasnya.
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar