Aksi "Khit@Urus", Khitanan ala KOMBI Subang


khitanan

Reporterjabar.com - Komunitas Muslim Bikers Indonesia (KOMBI) chapter Subang melaksanakan khitan kepada dua orang anak yang kurang mampu. Aksi Khitanan kali ini diberi label "Khit@Urus" (Khitan di Rumah Saja). Sesuai namanya maka khitanan dilakukan "jemput bola" dengan mendatangi rumah si anak yang langsung dilaksanakan khitan di rumahnya.

Menurut koordinator kegiatan, Agus Hermawan yang sekaligus petugas khitan, kegiatan ini pertama kali dilakukan di masa pandemi. Tujuannya bagian dari pelaksanaan protokol kesehatan. "Kalau langsung di rumah anaknya 'kan bisa lebih terhindari dari kerumunan. Makanya kita lakukan dengan 'jemput bola' ke rumahnya," jelasnya usai mengkhitan salah seorang anak di daerah Kelurahan Cigadung, Ahad pagi (19/7/2020).

Ditambahkan Agus, kegiatan ini akan dilakukan rutin dengan sasaran anak dari keluarga kurang mampu. "Target kita sebulan 4 anak. Kalau ada anaknya setiap dua minggu sekali kita khitan 2 orang anak," imbuhnya.

Anak yang disunat pada hari ini ialah Rizki Mustofa (7 tahun) warga Blok Rambutan dan Danny Darmawan (12 tahun) warga blok BBC Cigadung Subang. Khitanan "jemput bola" ini sangat diapresiasi oleh orang tua anak. Diantaranya bapak Agus orang tua Dani Darmawan yang merasa sangat terbantu. Kata dia tadinya mau dikhitan sejak 2 tahun yang lalu. "Karena terbentur biaya terpaksa kami tunda. Sampai beberapa hari lalu kami didatangi pengurus KOMBI yang menyebutkan anak saya mendapat kesempatan untuk disunat tetapi tidak perlu keluar rumah dan siap dikhitan di rumah. Tentu hal ini sangat membantu bagi kami Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Kombi," katanya.
kombi
Dari pemantauan reporterjabar.com khitanan dilakukan di rumah dengan menggunakan electrical cauter atau yang dikenal dengan istilah "khitan laser". Sehingga khitan bisa mengurangi rasa sakit. Selama khitan disaksikan oleh orang tuanya. Setiap anak usai dikhitan dihadiahi bakakak ayam yang langsung disantap sebagai wujud suka cita syukur.

Posting Komentar

1 Komentar