Begini Apresiasi Aslog Kasad pada TMMD di Subang

TMMD Subang

reporterjabar.com - Bupati Subang H. Ruhimat atau yang biasa dipanggil Kang Jimat, hari Kamis 16 Juli 2020, menyambut kehadiran Asisten Logistik Kasad, Mayjen Tni Jani Iswanto, MA selaku Tim Wasev TMMD Ke-108 di Pendopo Kabupaten Subang, turut. Mendampingi, Irdam III Siliwangi, Brigjen TNI Asep Syarifudin, Komandan Korem 063 Sunan Gunung Jati (SGJ) Cirebon, Kolonel Inf. Elkines Villando Dewangga Kusumawide Komandan Kodim 0605 Subang, dan unsur Forkompinda.

Aslog Kasad yang datang langsung dari Jakarta, langsung mengikuti kegiatan Coffee Morning yang telah disiapkan Pemkab Subang.

Kang Jimat dalam sambutan Coffee Morning menyampaikan selamat datang  kepada jajaran Tim Wasev TMMD di Kabupaten Subang. Kang Jimat  menyampaikan sejauh ini kegiatan TMMD selalu memberikan dampak positif bagi daerah.

Kerjasama yang baik antar daerah dengan Kodim sudah terjalin sangat baik oleh karena itu Kang Jimat berharap bisa terus dilanjutkan dan ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat Subang.

Pemerintah Daerah Kabupaten Subang sangat mendukung program yang berkesinambungan ini, terlebih manfaatnya sudah sangat dirasakan masyarakat khususnya dalam membangkitkan kembali semangat gotong royong masyarakat pedesaan yang harus dijaga dan senantiasa  dilestarikan.

Kang Jimat atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada berbagai pihak yang telah turut serta berkontribusi bagi suksesnya penyelenggaraan TMMD tahun ini.

Komandan Kodim (Dandim) 0605 Subang Letkol Arh Edi Maryono, dalam paparan kegiatan coffee morning menyampaikan dasar pelaksanaan TMMD adalah UUD RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, kemudian Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI yang salah satu diantaranya tugas TNI adalah membantu Pemerintah Daerah.

Dandim menyampaikan beberapa pertimbangan dalam pemilihan lokasi TMMD diantaranya sasaran yang dikerjakan dapat menghubungkan antara dua kecamatan yaitu Desa Cinta Mekar Kecamatan Serangpanjang dan Desa Banggalamulya Kecamatan Kalijati yang akan dijadikan jalan lintas provinsi.  Selanjutnya melalui kegiatan TMMD ini diharapkan dapat mempermudah hubungan komunikasi dan transportasi antar desa kecamatan maupun kabupaten dan provinsi.

Sasaran kegiatan TMMD diantaranya  sasaran fisik sepanjang 8,5 KM, pembuatan parit kanan dan kiri jalan sepanjang 8,5 KM sasaran tambahannya yaitu renovasi rumah ibadah 1 buah, rutilahu dua rumah, dan pos kamling dua buah.
Dandim menyampaikan Dukungan Pemkab Subang sangat mendukung sasaran non fisik. Terutama Dinas kesehatan yang selalu mengingatkan kepada peserta untuk menjaga protokol pencegahan Covid-19.

Aslog Kasad, Mayjen TNI Jani Iswanto, MA dalam arahannya menyampaikan tujuan kedatangannya bermaksud  untuk meninjau langsung pelaksanaan TMMD di wilayah Kodim 0605 Subang. Sekaligus sebagai wahana saran atau masukan yang bagi pihaknya sebagai bahan evaluasi kedepan.

Aslog menyampaikan TMMD sudah berjalan 40 tahun, TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian lembaga non pemerintah dan pemerintah daerah serta segenap lapisan masyarakat di wilayah masing-masing. Program TMMD merupakan bagian dari komitmen TNI Angkatan Darat untuk ikut membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya secara sinergi dan berkesinambungan.

Desa adalah kunci, seluruh desa harus bisa mandiri dan betul betul siap untuk melaksanakan  pertahanan semesta. Aslog mencontohkan begitu ada bencana seperti di Aceh, TMMD di satukan penyelenggaraan nya di Aceh.
Aslog sebagai penutup menyampaikan terimakasih kepada Forkopimda dan semua pihak yg sudah mendukung pelaksanaan TMMD.  Aslog berharap TMMD yang tinggal beberapa hari ini dapat diselesaikan.

Selepas kegiatan coffee morning, kegiatan Aslog Kasad dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi TMMD.

Posting Komentar

0 Komentar