Pelaku Seni di Subang Tuntut Kepastian Ijin Pentas Akibat Covid-19

reporterjabar.com - SUBANG, Puluhan Perwakilan dari Seniman Kabupaten Subang mendatangi Ketua DPRD Kabupaten Subang untuk minta di fasilitasi pertemuan dengan Bupati Subang, H. Ruhimat.
Pranoto mewakili seluruh seniman Kabupaten Subang menghadap ke Ketua DPRD, H. Narca untuk minta pandangan dari ketua DPRD menyikapi tentang ketidakjelasan kapan kembali kami bisa pentas manggung karena kita hampir 4 bulan ya terkatung-katung tanpa ada kejelasan akibat dampak Covid-19.
Menurut dia sampai saat ini tanpa ada kepastian untuk boleh pentas yang pertama itu, yang kedua adalah kami itu adalah warga yang paling terkena dampak Covid-19 tapi sejauh ini belum ada bantuan apapun dari pemerintah khusus untuk para seniman. "Padahal 'kan seluruh gruf Kesenian disaat akan mendapat bantuan dampak dari Covid,yang kemarin kita diminta data tapi sejauh ini belum ada realisasi apa pun," ujarnya.
Perwakilan dari Paguyuban Seni di Kabupaten Subang yang diwakili Sekretaris Paguyuban Seni di Kabupaten Subang, Pranoto menghadap Ketua DPRD meminta ketua DPRD untuk menjadi mediator antara seniman dengan Bupati Subang. "Kedatangan kami mengharapkan ada kepastian kapan  kami bisa diijinkan kembali manggung. Jadi kami meminta secepatnya bisa kembali manggung dan menikmati nikmatnya makan prasmanan, bahkan banyak undangan manggung yang ditunda karena Covid-19," katanya.
Kata Pranoto karena beberapa daerah yang lain termasuk Kabupaten Karawang  sudah dipastikan per 1 Juli mereka sudah bisa kembali manggung, sementara untuk Subang sampai saat ini belum ada kepastiannya.
Menurut Sekretaris Paguyuban Seni di Kabupaten Subang, Pranoto hampir 6 ribuan seniman yang ada di Subang ini dari  berbagai jenis ada kesenian tradisional kemudian ada komunitas bahkan juga yang terkait dengan seni artinya tukang rias, panggung dan profesi lainnya.
Menurut Pranoto, Ketua DPRD diharapkan bisa memfasilitasi. "Kalau seandainya nanti sampai hari Senin belum ada jawaban mungkin kami akan aksi damai agar meminta pemerintah memberikan perhatian terhadap para pelaku Seni di Subang," terangnya.
Sementara Ketua DPRD Kabupaten Subang, H.Narca Sukanda, S.Sos, mengatakan pihaknya selaku wakil Rakyat yang di percaya duduk di DPRD ,dan harus menampung aspirasi  yang disampikan Rakyatnya.
Para pelaku seni di Kabupaten Subang yang tergabung dalam Paguyuban Seni di Subang, meminta difasilitasi ketemu dengan pemerintah dalam hal ini Bupati dan pihak terkait di Kabupaten Subang.
Kata Ketua DPRD Subang menyatakan siap untuk memfasilitasi pertemuan tersebut seperti yang disampaikan pelaku seni di Subang. "Kami janjikan kan pada hari Senin akan kami sampaikan, apa yang dikeluhkan  oleh mereka, tentunya kita semua pada tahu memang akibat dampak Covid-19, itu sangat dirasakan semua bukan hanya oleh pelaku seni saja, akan tetapi,tetap akan kami sampaikan karena Bupati yang mempunyai Kebijakan," ujar Ketua DPRD Subang.()

Posting Komentar

0 Komentar