Dua Desa Jalancagak Dapat Bantuan Covid-19 dari APBD Kabupaten Subang


Reporterjabar.com - SUBANG, Sebanyak 368 warga Desa Bunihayu dan 1141 kepala keluarga (KK) warga Desa Curug Rendeng Kecamatan Jalancagak menerima bantuan sosial   yang berasal dari  APBD Kabupaten Subang tahap kedua yang merupakan warga yang terkena dampak Covid-19. Rabu (17/6/20).

Penyaluran bantuan sosial tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Subang di kantor Desa Bunihayu dan Desa Curug Rendeng.

Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi atau yang biasa disapa Kang Akur pada kesempatan itu memantau langsung proses dan penyaluran bantuan dengan didampingi Camat Jalancagak, Wawan Gunawan bersama Kades Bunihayu, H. Mustopa Kamal, S.Pd.I. dan Kades Curug Rendeng, Wawan.

Camat Jalancagak Wawan Gunawan melaporkan bahwa warganya sebagai penerima bantuan sosial dari APBD Subang tahap 2  sebanyak 368 KK untuk Desa Bunihayu dan sebanyak 1141 KK warga Curug Rendeng yang berupa bantuan senilai Rp 500.00,- terdiri dari Rp. 150.000,- bantuan tunai dan senilai Rp. 350.00,- berupa sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng, sarden, kecap, susu kaleng, mie instan dan kerupuk mentah.

"Kami harap penerima bantuan supaya menggunakan bantuan sosial untuk kebutuhan sehari-hari yang bermanfaat," ujar Wawan.

Kang Akur dalam sambutannya menginformasikan bahwa penyebaran wabah Covid-19 berdampak pada perekonomian dan social masyarakat, sehingga pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah mengeluarkan berbagai bantuan. "Salah satunya yang sekarang disalurkan yaitu bantuan sosial yang berasal dari APBD Kabupaten Subang yang diharapkan mampu membantu masyarakat Subang yang terdampak Covid-19", kata Kang Akur.

Kata dia ada 9 pintu bantuan dari pusat, provinsi dan daerah yaitu PKH, program sembako, Bantuan Langsung tunai (BLT), perluasan sembako, bantuan provinsi, bantuan kabupaten, bantuan pra kerja, BLT (dana desa) dan Gasibu (Gerakan Nasi Bungkus) melalui Jabar bergerak.

Selain 9 pintu bantuan, Pemerintah Kabupaten Subang mempunyai Program Sapapait Samamanis yaitu bantuan bagi masyarakat yang tidak mampu untuk dibantu oleh warga yang mampu secara bersama-sama.

Kemudian dijelaskan mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih berlaku di Subang dan akan sukses bila semua kompak dan disiplin mengikuti seluruh anjuran pemerintah dengan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan. "Salah satunya dengan tidak banyak melakukan kegiatan berkerumun orang banyak, terapkan sosial distancing, memakai masker dalam beraktivitas, sering mencuci tangan pakai sabun dan makan makanan bergizi," pungkasnya. (reporterjabar.com / Prokopim)

Posting Komentar

0 Komentar