Berani dan Waspada (Harus) Jadi Satu

Reporterjabar.com - Orang-orang yang berani adalah orang-orang yang harus memiliki kewaspadaan yang tinggi. Kondisi tersebut sangat dirasakan  Komara Nugraha, S.Sos, M.AP, sebagai Divisi Pencegahan dalam Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Subang. Terlebih saat kondisi memaksa seperti pada pandemi seperti sekarang. "Itu pula yang kami rasakan sekarang oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kahupaten Subang. Ya kami dituntut berani dan waspada sekaligus," ujarnya kepada Reporterjabar.com di tempat kerjanya, Selasa (16/6/2020).
Tugas yang diemban Komara dalam struktur Gugus Tugas sebagai Divisi Pencegahan dirinya membantu Sekretaris Gugus Tugas  mengkoordinasikan institusi yang terlibat di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Subang.
Tantangan yang paling berkesan ialah saat pertama kali ditemukan kasus meninggal dunia pasien dugaan Covid-19 di Subang. Awalnya banyak warga yang ragu atau takut untuk memakamkannya. Saat itu kami dituntut untuk berani dengan bekal pengetahuan yang telah diberikan. "Bahkan dikalangan Tim Gugus Tugas sendiri masih ada yang ragu karena khawatir tertular. Itulah yang saya maksud perlu keberanian dan kewaspadaan sekaligus," katanya.
Maka kemudian kami bersama tim lainnya menggencarkan edukasi kepada warga tentang Covid-19. "Termasuk kepada warga apabila menemui pasien positif covid. Kami jelaskan mengenai protokol kesehatan dalam mengurus jenazah," tutur pria yang pernah menjabat dibidang keuangan daerah ini.
Sehingga kata dia masyarakat memiliki keberanian sekaligus kewaspadaan dalam kondisi terburuk sekalipun. Terlebih mereka jadi tetap tenang menghadapi pandemik dengan adanya edukasi yang tepat.
Kesan lainnya dalam berperan di Tim Gugus Tugas  Covid-19 ialah saat bersama tim harus mengambil keputusan yang tepat dan cepat. Kadang kala sering terjadi hambatan teknis.
"Namun setelah duduk bersama musyawarah lalu kita cari permasalahannya dan duduk bersama untuk mencari solusi ketika solusi itu berhasil dipecahkan atas kesepakatan bersama dan itu bisa diwujudkan di lapangan itu menjadi kenangan tersendiri kesenangan. Ya menjadi kesan tersendiri bagi saya sebagai bagian dari pada gugus tugas," tuturnya.
Kemudian kata dia dengan menjadi bagian dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Subang, dirinya merasa memiliki pengalaman baru, ilmu pengetahuan baru. "Khususnya wawasan tentang pandemi ini, sehingga dari pengalaman ini semoga menjadi pelajaran berharga bagi saya pribadi, keluarga dan masyarakat dalam bekerja sebagai abdi negara," pungkasnya.
Pengalaman Kerja
* Dibidang Pemberdayaan Masyarakat Selama kurang lebih 12 tahun
* Di bidang Keuangan Daerah, selama kurang lebih 10 tahun
* Dibidang Pemerintahan Desa, kurang lebih 2 tahun
* Sekarang Badan Kesbangpol Kabupaten Subang, bagian dari Bidang Politik Dalam Negeri

Posting Komentar

0 Komentar