Di Subang Sudah Ada Lab PCR Covid-19

SUBANG – Mulai hari ini untuk sample swab Covid-19 atau test PCR sudah bisa diproses di Balai Veteriner yang berlokasi di Wera Kabupaten Subang Jawa Barat. Biasanya sample dikirim ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jawa Barat di Bandung.
Dikatakan dr. Maxi selaku Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Subang, dengan diprosesnya sample swab di Subang bisa lebih mempercepat hasil identifikasi dan diagnosa pasien di Subang. "Dengan begitu bisa mempercepat proses penanganan pasien, karena selama ini yang membuat pasien lama dalam perawatan karena menunggu hasil PCR dari Labkesda di Bandung," ujarnya kepada wartawan di Posko Tim GTPP Covid-19, Jum'at (15/5/2020).
Kemudian dijelaskan dr. Maxi ditetapkannya Balai Veteriner Subang telah melalui proses tahapan yang cukup panjang lebih dari sebulan lalu. Tahapan yang dilakukan ialah melakukan uji coba dengan yang di Bandung, ternyata sudah lulus. Kemudian melakukan Nota Kesepahaman atau MoU dengan Kementerian Kesehatan dan petugas dokter dari Subang spesialis dokter patologi klinis melakukan magang di Labkesda sebagai verifikator penanggung jawab lab Veteriner. "Karena ini yang akan digunakan sample manusia, maka kita melakukan prosesnya seperti itu," katanya.
Walaupun begitu kata dr. Maxi, untuk pemetaan Covid-19 masih tetap menggunakan rapid test serologi. "Karena dengan rapid test bis amenjangkau ribuan orang dalam sehari, makanya protokolnya seperti itu," jelasnya.
Untuk langkah awal pelayanan lab diutamakan untuk pasien Subang terlebih dahulu. Kata dr. Maxi dimasa depan bisa memungkinkan untuk melayani pasien lain dari kabupaten tetangga tergantung dari kebutuhan.
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar